5 Tips Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Anda, Bangun Pagi Jadi Lebih Segar!

5 Tips Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Anda, Bangun Pagi Jadi Lebih Segar!

5 Tips Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Anda, Bangun Pagi Jadi Lebih Segar! --Canva

MAGELANGEKSPRES – Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahaya kekurangan tidur. Untuk Anda yang sulit tidur nyenyak dan kerap terbangun di malam hari, lakukan tips ini agar kualitas tidur malammu meningkat.

Tidur yang cukup menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan tidur dapat menimbulkan efek negatif seperti merusak fungsi otak, hormon, dan juga tingkat produktivitas seseorang.

Dilansir dari Healthline, tidur kurang dari 7 jam perhari dapat menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan seperti kenaikan berat badan, peningkatan risiko penyakit jantung, darah tinggi, dan juga diabetes tipe 2. Kurang tidur juga dapat mengganggu tingkat konsentrasi seseorang.

Melihat bahaya yang ditimbulkan, penting untuk mengetahui cara meningkatkan kualitas tidur agar di malam hari Anda bisa tidur nyenyak tanpa gangguan. Berikut kami rangkum beberapa tips yang mudah diterapkan :

BACA JUGA:10 Cara Efektik Mengatasi Insomnia Tanpa Bantuan Obat Tidur, Terbukti Ampuh dan Lebih Sehat

1. Menghindari penggunaan gadget 1 jam sebelum tidur

Bagi sebagian orang, salah satu cara mengatasi susah tidur dengan cara bermain gadget hingga mengantuk.

Padahal menurut penelitian bermain gadget malah akan merangsang otak dan membuatnya tetap terjaga sehingga Anda akan semakin sulit tidur.

Bermain gadget dalam kondisi berbaring juga dapat merusak kesehatan mata. Ada baiknya sejam sebelum tidur hindari penggunaan gadget supaya otak menjadi lebih rileks.

BACA JUGA:6 Manfaat Pijat Refleksi, Mulai dari Meredakan Stres hingga Membuat Tidur Lebih Nyenyak

2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur bukan aktivitas lainnya

Terkadang kasur memang menjadi tempat ternyaman untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari bekerja, belajar, bahkan makan.

Namun cobalah untuk memisahkan tempat untuk melakukan aktivitas harian dengan tempat tidur Anda. Hal ini dapat membantu otak Anda berpikir bahwa ketika sudah mendaratkan tubuh di kasur, berarti waktunya bagi Anda untuk tidur.

BACA JUGA:12 Manfaat Minum Air Putih Saat Bangun Tidur Pagi Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: