6 Manfaat Pijat Refleksi, Mulai dari Meredakan Stres hingga Membuat Tidur Lebih Nyenyak

6 Manfaat Pijat Refleksi, Mulai dari Meredakan Stres hingga Membuat Tidur Lebih Nyenyak

6 Manfaat Pijat Refleksi, Mulai dari Meredakan Stres hingga Membuat Tidur Lebih Nyenyak-Tina Hsu From Corelens-Canva

MAGELANGEKSPRES -- Pijat refleksi telah lama diakui sebagai cara efektif untuk menopang kesehatan tubuh.

Pijat refleksi dilakukan dengan cara menekan titik-titik di kaki, tangan, dan telinga yang berhubungan dengan sistem saraf ke bagian tubuh lainnya.

Tekanan pada titik ini akan merangsang pergerakan energi di sepanjang saluran saraf, sehingga mampu membantu memulihkan keseimbangan homeostasis dalam tubuh.

Pijat refleksi tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.Hanya reflexologist yang memiliki kemampuan khusus yang bisa melakukannya, karena kesalahan selama pijat bisa berdampak fatal.

Meskipun demikian manfaat pijat refleksi cukup banyak. Selain menghilangkan rasa capek dan menyembuhkan cedera, pijat refleksi juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak berikut ini!

BACA JUGA:Wedang Uwuh : Minuman “Sampah” yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meredakan Cemas Berlebih

Pijat refleksi dapat meredakan gejala kecemasan yang sangat mengganggu. Terutama bagi mereka yang menderita gangguan kecemasan umum (GAD).

Orang dengan GAD sering kali merasakan kelelahan yang berlebihan, tubuh yang lesu, bahkan sering kali mengalami sakit perut akibat pikiran yang terus-menerus. Dengan pijat refleksi, pikiran-pikiran tersebut dapat menjadi jauh lebih tenang dan terkendali.

Pijat refleksi memiliki manfaat yang sangat mirip dengan psikoterapi. Dalam sesi pijat refleksi, tekanan yang diberikan pada titik-titik refleksi di kaki atau tangan dapat merangsang sistem saraf dan menghasilkan efek relaksasi.

Tentu saja hal ini membantu mengurangi ketegangan dan kecemasan yang terkait dengan GAD.

Selain itu, pijat refleksi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pelepasan endorfin, hormon yang bertanggung jawab untuk perasaan bahagia dan relaksasi. 

BACA JUGA:7 Resep yMembuat Jamu Tradisional, Minuman Bermanfaat Penunjang Stamina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: