Aneka Sampah Berserakan di Pantai Dewaruci Purworejo, Bagus Roro dan Berbagai Komunitas Turun Tangan

Aneka Sampah Berserakan di Pantai Dewaruci Purworejo, Bagus Roro dan Berbagai Komunitas Turun Tangan

ABEPA. Paguyuban Bagus Roro Purworejo bersama TNI, Polri, dan anggota komunitas yang didominasi anak-anak muda melakukan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Pantai Dewaruci Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Aneka jenis sampah, khususnya plastik, berserakan di kawasan Pantai Dewaruci Purworejo. Kondisi tersebut memantik kepedulian puluhan orang dari berbagai komunitas untuk turun tangan melakukan aksi bersih pantai (Abepa) pada Minggu (26/11) pagi.

Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Dewaruci yang diinisiasi oleh Paguyuban Bagus Roro Purworejo itu melibatkan unsur TNI, Polri, dan anggota komunitas yang didominasi anak-anak muda. Mereka tampak serempak memunggut sampah yang ada di sekitar Pantai Dewaruci.

Wakil 4 Bagus Kabupaten Purworejo selaku Ketua Abepa, Habibi Fadhil Syahbal, menyebut Abepa merupakan satu program kerja Bagus Roro Kabupaten Purworejo 2023 dalam bidang pariwisata dan lingkungan.

BACA JUGA:Jalan Hasil Iuran di Purworejo Rusak Akibat Proyek Irigasi Dikeluhkan Warga

"Tujuan acara itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kebersihan lingkungan wisata di Kabupaten Purworejo. Kami dari Bagus Roro Kabupaten Purworejo mengajak seluruh elemen masyarakat, dari komunitas pecinta alam anak SMA, Mahasiawa, Duta Genre, Genpi, hingga karang taruna untuk membersihkan sampah di kawasan Pantai Dewaruci," sebutnya.

Menurutnya,, sebagai tempat wisata primadona di Kabupaten Purworejo, kondisi Pantai Dewaruci cukup memperihatinkan karena teedapat cukup banyak sampah berserakan. Oleh karena itu, pihaknya menggelar aksi perubahan melalui gerakan Abepa.

"Menurut saya di Pantai Dewaruci itu memang perlu inisiator untuk bersih-bersih sampah. Maka dari itu kami dari Bagus Roro Purworejo 2023 mengajak banyak elemen dalam aksi bersih pantai atau Abepa. Meski baru digelar kali pertama, kami berharap semoga kegiatan itu bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kebersihan di area tempat wisata dan umum," katanya.

Kabid Pemasaran, Sumber Daya Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif, Dinas Olahraga Kepemudaan dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo, Endah Hanarosanti, mengungkapkan bahwa kegiatan Abepa termasuk kampanye sadar wisata untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan.

BACA JUGA:Ketua PWI Purworejo Ajak Wartawan Tingkatkan Kompetensi

Adapun cara yang dilakukan dengan upaya meningkatkan kepedulian lingkungan dan kebersihan di destinasi pariwisata Kabupaten Purworejo.

Kegiatan tersebut dimulai di Pantai Dewaruci sebagai satu destinasi prioritas di Kabupaten Purworejo. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa kegiatan serupa bakal digelar di pantai lain sepanjang pesisir Kota Berirama dan destinasi wisata lainnya.

"Memang kami muali dari hal kecil lewat pemuda. Karena pemuda-pemuda itu adalah generasi selanjutnya, sehingga diharapkan bisa mengkampanyekan, mensosialisasi, dan mengajak masyarakat untuk mulai peduli kebersihan lingkungan," ungkapnya.

Endah optimistis, gagasan para Bagus Roro dalam menjaga kebersihan lingkungan kawasan pariwisata akan menginspirasi pemuda-pemuda lain untuk melakukan aksi serupa.

BACA JUGA:Komplotan Curas Antarprovinsi Diringkus Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres