Ketua PWI Purworejo Ajak Wartawan Tingkatkan Kompetensi

Ketua PWI Purworejo Ajak Wartawan Tingkatkan Kompetensi

Ketua PWI Kabupaten Purworejo Ajak Wartawan Tingkatkan Kompetensi--

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES --  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo yang juga Dewan Penasihat Pewarta Purworejo, Aris Himawan SH, mengajak semua wartawan di Purworejo untuk meningkatkan kompetensinya. Pihaknya juga mengajak wartawan bersatu dan guyub rukun untuk membangun Purworejo lebih baik.

Hal itu disampaikan Aris saat melakukan orasi pers dalam acara Pengukuhan Pengurus Pewarta Purworejo Periode Tahun 2023-2026 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (22/11) malam.

Menurut Aris, peningkatan kompetensi tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti Uji kompetensi Wartawan (UKW). 

"Dengan cara mengikuti uji kompetensi yang diadakan langsung oleh Dewan Pers atau melalui lembaga penyelenggara lainnya," kata Aris di hadapan pengurus Pewarta Purworejo dan para tamu undangan.

BACA JUGA:Stadium General IAIAN Usung Isu Cerdas di Ruang Digital

Dalam kesempatan itu, Aris juga memberikan restu atas keberadaan Pewarta Purworejo sebagai suatu paguyuban yang menjadi wadah untuk mempersatukan wartawan di Purworejo. Pihaknya berharap, Pewarta dengan kepengurusan baru yang diketuai oleh wartawan dari salah satu media siber yakni F Daniel Raja Here ini mampu menyatukan wartawan di Purworejo.

"Harapannya abang Daniel ini bisa mengguyubkan teman-teman wartawan di Purworejo. Salah satu anggota pewarta adalah PWI, saya merestui adanya Pewarta karena ini untuk kebaikan Purworejo," ungkapnya.

Aris dalam kesempatan itu juga menyampaikan wawasan terkait organisasi wartawan dalam skala nasional. Menurutnya, ada beberapa organisasi wartawan yang sudah resmi diakui Dewan  Pers. Tiga di antaranya yang telah dikenal dan dikuti oleh beberapa wartawan di Purworejo yakni Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI).

BACA JUGA:Dinporapar Purworejo Bantah Mini Zoo Proyek Ambisius

Seperti diketahui, ada satu lagi organisasi wartawan yang telah diakui Dewan Pers sebagaimana tercantum dalam website resmi Dewan Pers, yakni Pewarta Foto Indonesia (PFI).

“Nah ini organisasi yang resmi diakui oleh dewan Pers di Indonesia. Pengurusnya berjenjang, nasional, provinsi, sampai kabupaten,” terangnya.

Lebih lanjut  Aris berpesan agar wartawan di Purworejo dapat bekerja secara profesional melalui media yang telah berbadan hukum.

"Saya mengharap sekali agar teman-teman wartawan di Purworejo semua bisa ikut UKW bersama dengan dewan pers. Artinya apa, agar kerja wartawan itu memang benar-benar profesional sesuai dengan undang-undang dan kode-kode etik jurnalistik," tandasnya.

BACA JUGA:Kenaikan Usulan UMK Wonosobo 2024 Lebih Rendah 3,50 Persen Dibanding Kenaikan Tahun Lalu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres