Aneka Sampah Berserakan di Pantai Dewaruci Purworejo, Bagus Roro dan Berbagai Komunitas Turun Tangan

Aneka Sampah Berserakan di Pantai Dewaruci Purworejo, Bagus Roro dan Berbagai Komunitas Turun Tangan

ABEPA. Paguyuban Bagus Roro Purworejo bersama TNI, Polri, dan anggota komunitas yang didominasi anak-anak muda melakukan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Pantai Dewaruci Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

"Untuk kegiatan Abepa, sampah yang berhasil dikumpulkan ada sekitar 10-15 trashback (kantong sampah). Sampah tersebut akan dibuang ke TPA Pantai Dewaruci dan diteruskan ke TPA Jetis," paparnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa selama ini di Pantai Dewaruci ada Pokdarwis yang telah mengurusi masalah persampahan. Setiap tahun pihaknya juga telah memfasilitasi pelatihan terkait sanitasi dan rehabilitasi kawasan destinasi wisata. Termasuk cara pengelolaan sampah bagi  pelaku usaha, Pokdarwis, dan kelompok masyarakat di sekitar destinasi wisata.

Kendati demikian, terkadang masih terlihat beberapa sampah plastik tergeletak di kawasan wisata itu.

"Kami menghimbau untuk wisatawan dan warga yang datang ke Pantai Dewaruci, apabila membawa makanan mohon sampahnya dibuang di tempat yang sudah disediakan. Jangan meninggalkan sisa sampah berserakan tapi dikumpulkan dan ditaruh di tempatnya," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres