Perangi Stunting, PLN Berikan Dukungan Penuh Lewat Program Desa Mandiri Gizi

Perangi Stunting, PLN Berikan Dukungan Penuh Lewat Program Desa Mandiri Gizi

PENYERAHAN. PT PLN menyerahkan program bantuan gizi kepada masyarakat Sukoharjo.-HENI AGUSNINGTYAS-MAGELANG EKSPRES

Bentuk bantuan yang diberikan PLN untuk Waserda adalah bangunan warung lengkap dengan dagangan dan perabot di dalamnya, termasuk gaji operasional untuk pengelola Waserda selama setahun.

BACA JUGA:Pakai Listrik PLN Hemat 60 Persen, Wakil Bupati Purworejo Apresiasi Dukungan PLN untuk Ekonomi Pesisir

Program berikutnya adalah pembuatan kandang ayam komunal lengkap dengan 600 bibit ayam petelur. Kandang ini dibangun di enam desa di Kecamatan Polokarto.

Penerima manfaat dari program ini adalah penderita stunting di enam desa tersebut, salah satunya dibangun di Dusun Panguripan, Desa Polokarto.

Arys menambahkan bahwa kandang di Desa Polokarto sudah beroperasi, bahkan ayam-ayamnya sudah bertelur dan dibagikan ke penderita stunting.

Selain kandang ayam dan waserda, di enam desa tersebut juga dibuatkan kebun gizi. Kebun tersebut ditanami aneka sayuran untuk pemenuhan gizi keluarga, yang di dalamnya terdapat kasus stunting.

Selain bantuan berupa natura, juga dilaksanakan program-program pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi masyarakat.

Program ini digagas agar masyarakat memiliki kompetensi terkait penanganan dan pencegahan stunting.

BACA JUGA:PLN Magelang Dukung Sektor Peternakan dengan Program Electrifying Agriculture

Melalui pelatihan tersebut kemudian dibentuk “relawan gizi” untuk memantau dan melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam upaya penurunan stunting ini. Seluruh program tersebut telah dijalankan sejak Agustus lalu, dan akan berakhir 1 tahun mendatang pada Agustus 2024.

“Sudah berjalan dan akan berkelanjutan, dengan melibatkan peran serta pemerintah kecamatan, pemerintah desa, PKK, relawan gizi, dan seluruh lapisan masyarakat,” tutup Arys. (rilis/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres