Gelar Silatkab ke-3, Ketua Tanfidziah PCNU Wonosobo Sebut Tak Ada Kepentingan Politik

Gelar Silatkab ke-3, Ketua Tanfidziah PCNU Wonosobo Sebut Tak Ada Kepentingan Politik

APEL. Ribuan kader NU saat apel di acara Silatkab ke-3 di lapangan Desa Maron Garung, Kabupaten Wonosobo, Minggu (17/12).-Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Silatkab ke-3 bagi kader penggerak NU digelar di lapangan Desa Maron, Kawasan Wisata Telaga Menjer Garung Kabupaten Wonosobo. Ketua Tanfidziah PCNU setempat, KH Abdurrahman Efendi menyebut kegiatannya tak ada kepentingan untuk kegiatan politik.

"Kegiatan ini murni acaranya untuk para kader NU di Wonosobo. Bersih dari kepentingan yang berbau politik," katanya saat diwawancara, Minggu (17/12) siang.

Acara yang bertajuk "Kemah dan Apel Kader Penggerak NU Kabupaten Wonosobo" itu diikuti hingga 5.000 jiwa lebih. Meskipun terdapat sejumlah baliho ucapan dari tokoh politik, namun KH Abdurrahman Efendi memastikan pihaknya independen dan tak dicampuri oleh partai manapun.

BACA JUGA:9 Desa/Kelurahan di Kepil Wonosobo Terima DAK, Berikut Daftarnya

"Kita semua, warga NU harus sepakat meskipun tahun pemilu, harus disikapi dengan bijaksana. Acara ini diselenggarakan untuk mengecas semangat kader saja. Mengenai ucapan dari parpol, itu hanya sebatas ucapan, tidak dicampuri," tegasnya.

Ia menambahkan, tak ada unsur politik terselubung dalam acaranya. Melainkan digelar untuk memupuk kesadaran gotong royong kader, dalam menggeliatkan program Koin NU.

Tujuannya sebagai dana sosial, dan saat ini juga tengah diupayakan pembangunan Rumah Sakit NU di Wonosobo.

"Kegiatan para kader di lapangan ini menggerakkan Koin NU di ranting-ranting dan sebagainya. Termasuk nanti juga untuk pembangunan RS NU," tandasnya.

BACA JUGA:Sindoro Sumbing Duathlon Nasional Diikuti Atlet Kaliber Internasional

Lebih lanjut, Ketua Panitia acara tersebut, Nurcholish mengatakan hal serupa. Ia menyampaikan bahwasanya dalam kegiatan itu sama sekali tak diinisiasi oleh partai politik (parpol) manapun.

"Silatkab ini yang ketiga kalinya sejak tahun 2014. Dan semuanya murni kegiatan kader, barangkali ada baliho ucapan itu bukan arahan atau permintaan kami," katanya.

"Kita komitmen bahwa NU tidak kemana-mana, tapi NU ada di mana-mana," imbuhnya.

Kemah dan Apel Kader Penggerak NU itu diselenggarakan sejak Sabtu - Minggu (16 - 17 Desember 2023). Dihadiri oleh pengurus PWNU Jawa Tengah, serta Kemenag Kabupaten Wonosobo. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres