Sambut Liburan Akhir Tahun, Tim Gabungan Disiagakan di Pantai Dewaruci Purworejo

Sambut Liburan Akhir Tahun, Tim Gabungan Disiagakan di Pantai Dewaruci Purworejo

SIAGA. Tim gabungan disiagakan sejak awal hingga puncak masa libur Nataru di kawasan Pantai Dewaruci Jatimalang Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Posko  penjagaan dan pemantauan disiapkan Pemerintah Kabupaten Purworejo di kawasan Pantai Dewaruci Jatimalang hingga puncak masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut guna memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo melalui Kabid Destinasi Pariwisata, Agung Pranoto SSos, menyebut dalam rangka menyambut libur natal dan tahun baru, tim gabungan yang terdiri atas Dinporapar Purworejo, Dinas Kesehatan Purworejo, Polsek Puwodadi, TNI AL, RAPI Purworejo, Tim SAR dan Pokdarwis Pantai Dewaruci mulai siaga menjaga kawasan Pantai Dewaruci Jatimalang.

BACA JUGA:Pemungutan Suara dan Penggunaan SIREKAP Disimulasikan di Purworejo

Penjagaan tersebut dilakukan selama 6 hari, yakni tanggal 23-25 Desember 2023, tanggal 30-31 Desember 2023, dan 1 Januari 2024.

"Kita menyiapkan 1 posko utama di gardu pandang sebelah barat dan posko tambahan untuk teman-taman SAR di gardu pandang sebelah timur patung Dewaruci, disana ada lantai 2 yang bisa dipergunakan untuk memantau kondisi pantai secara keseluruhan," sebutnya, Kamis (28/12).

Menurutnya, Pantai Dewa Ruci menjadi salah satu lokasi tujuan utama dari masyarakat Purworejo dan sekitarnya dalam rangka menikmati libur Nataru. Sehingga pemerintah perlu hadir dalam kegembiraan masyarakat dan memberikan rasa nyaman untuk menikmati liburan atau wisata mereka.

Area Pantai Dewaruci sudah dilengkapi fasilitas untuk memberikan kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Seperti tempat sampah, toilet, kamar mandi, lahan parkir yang luas, dan kios atau warung kuliner.

BACA JUGA:Usai Natal, Kunjungan Telaga Warna Wonosobo Naik Tak Signifikan

"Kami menambahkan tempat sampah dibeberapa titik yang mudah ditemukan oleh pengunjung dan kami juga menambahkan lahan parkir, untuk sekarang ada 2 lahan parkir yaitu sebalah timur dan barat patung Dewa Ruci yang bisa dipergunakan oleh masyarakat," katanya.

Agung Pranoto juga menghimbau kepada wisatawan untuk tidak bermain di air laut, karena ombak di Pantai Dewaruci tidak dapat diprediksi.

"Kami sudah memasang tanda batas dengan bendera warna merah dengan harapan tanda batas ini tidak dilewati oleh pengunjung untuk bermain air," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Purwodadi, AKP Ponijo, menerangkan bahwa tim gabungan melakukan pengamanan secara terbuka untuk memberikan kemanan dan kenyamanan bagi para pengunjung di wilayah Pantai Dewa Ruci. Sebagai anggota kepolisian, tugasnya adalah untuk mengamankan dan menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak mandi ataupun berenang di laut.

BACA JUGA:9 Pantai Paling Istimewa di Purworejo, Dijamin Terkesima dengan Kejernihan Airnya

"Kami melaksanakan kerja sama dengan membentuk tim gabungan ini agar jika ada keadaan darurat bisa ditangani dengan baik," terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres