Ratusan Ribu Warga Merangsek di Alun-alun Magelang Saat Malam Tahun Baru

Ratusan Ribu Warga Merangsek di Alun-alun Magelang Saat Malam Tahun Baru

Pemandangan Alun-alun Magelang dari drone saat malam pergantian tahun, Minggu 31 Desember 2023-@lutfirisdian-INSTAGRAM

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Malam tahun baru 2024 di Kota Magelang dipadati pengunjung. Jumlah kendaraan yang berada di Kota Sejuta Bunga selama malam pergantian tahun tersebut mencapai 800.000 unit.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan sejumlah upaya rekayasa lalu lintas.

Pada sore hari, Minggu 31 Desember 2023, akses masuk ke kawasan Alun-alun dari berbagai arah sudah disterilisasi.

BACA JUGA:Motif Ayah Bunuh Anak Kandung Sendiri di Semarang Terungkap

Akses yang ditutup meliputi simpang CPM, simpang Ngesengan, simpang Aspol Kejuron, dan simpang Kawatan. Penutupan ini berlaku mulai pukul 14.00 hingga 01.00 dini hari.

Candara menyebutkan, pengaruh terbesar ramainya kendaraan dan pengunjung di Alun-alun karena antuias masyarakat merayakan tahun baru.

Di mana sejak tahun 2021 lalu, nyaris tidak ada pesta rakyat perayaan tahun baru karena pandemi Covid-19.

"Kami bersyukur dengan persiapan matang, akhirnya ratusan ribu kendaraan yang melintas bisa melaju dengan normal. Sebagian juga bisa masuk ke kantong-kantong parkir yang telah disediakan. Setidaknya kita siapkan 21 titik kantong parkir," katanya.

BACA JUGA:Daftar Capaian Kinerja Polres Magelang Kota di Tahun 2023

Kantong parkir yang telah disiapkan tersebut dapat menampung sebanyak 3.252 kendaraan. Sedangkan yang datang di malam tahun baru di Alun-alun, tercatat lebih dari 3.000 kendaraan berada di kantong parkir.

"Jadi kendaraan yang parkir dan melintas ini justru sebagian besar didominasi masyarakat luar daerah, termasuk di eks Kedu sendiri, dan kota besar seperti Jogja dan Semarang," terangnya.

Sementara itu, gelaran Magelang Vaganza yang dipusatkan di Alun-alun Magelang sukses menyedot ribuan pengunjung, pada Minggu 31 Desember 2023 malam.

BACA JUGA:Kota Magelang Raih Penghargaan Peduli HAM, Tapi Belum Maksimal di Sektor Ini

Acara yang digelar sejak siang hari itu mampu menghibur masyarakat kendati cuaca siang itu diwarnai hujan deras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres