Mau Jelajahi Candi Borobudur Tanpa Harus Pergi Ke Magelang? Virtual 360 Candi Borobudur Dari Kemenag Solusinya

Mau Jelajahi Candi Borobudur Tanpa Harus Pergi Ke Magelang? Virtual 360 Candi Borobudur Dari Kemenag Solusinya

Mau Jelajahi Candi Borobudur Tanpa Harus Pergi Ke Magelang? Virtual 360 Candi Borobudur Dari Kemenag Solusinya-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

MAGELANGEKSPRES -- Direktorat Jenderal Bimas Buddha Kementerian Agama (Kemenag) RI menghadirkan inovasi yang luar biasa dengan merilis Pencitraan virtual 360 Candi Borobudur pada Sabtu 6 Januari 2024.

Acara Devotion Experience (Dev-X) yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, menjadi tempat peluncuran Pencitraan Virtual 360 Candi Borobudur oleh Kemenag.

Dev-X yang diprakarsai oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini merupakan bagian dari perayaan Hari Amal Bakti ke-78 Kemenag dan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 5 hingga 7 Januari 2024.

Inovasi Virtual 360 ini memberikan cara baru untuk menjelajahi Candi Borobudur tanpa harus mengunjungi Magelang, Jawa Tengah.

Keberadaannya sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan keagamaan.

Peluncuran dimulai dengan kegiatan menonton Pencitraan Virtual Borobudur 360 di dalam stan Pameran Ditjen Bimas Buddha.

BACA JUGA:Kenapa Kalender 2024 Kembaran dengan Kalender Tahun 1996? Ternyata Begini Jawabannya

Dipimpin oleh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Akhmad Fauzin, para pengunjung kemudian secara bergantian dapat merasakan pengalaman menjelajahi Borobudur secara virtual.

Di sela acara, Direktur Jenderal Bimas Buddha, Supriyadi menyatakan bahwa, masyarakat dapat menikmati Pencitraan Virtual 360 ini dengan mengunjungi website Ditjen Bimas Buddha melalui tautan https://bimasbuddha.kemenag.go.id/borobudur/360/.

Tak hanya itu, menurutnya, layanan Pencitraan Virtual Borobudur 360 ini hadir untuk mendukung peran Candi Borobudur sebagai warisan dunia dan juga sebagai pusat ibadah umat Buddha di seluruh dunia.

Layanan ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mempelajari dan mengamati dengan teliti relief-relief yang terukir di Borobudur.

"Ayo yang mau melihat visualisasi virtual Borobudur 360 dengan mengunjungi situs web kami. Ini adalah bagian dari pengalaman wisata religi dan edukasi yang berbasis digital. Semoga dapat bermanfaat," jelas Supriyadi.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Magelang Muh Harjadi Salurkan Bantuan Armada Pengangkut Sampah

Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: