Mandi Jumat, Amalan Ringan Pahalanya Besar

Mandi Jumat, Amalan Ringan Pahalanya Besar

Mandi Jumat, Amalan Ringan Pahalanya Besar--

BACA JUGA:SHALAT JUMAT : Datang Paling Awal, Pahalanya Seperti Berkurban dengan Seekor Unta

4. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

“Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)

Dari dalil-dalil tersebut dapat diketahui bahwa Mandi Jumat adalah merupakan amalan ringan dengan pahala besar.

BACA JUGA:Larangan Ketika Khutbah Jumat, Mengucapkan Salam dan Menjawab Salam

Mandi Jumat merupakan amalan ringan bagi seseorang yang akan berangkat ke masjid untuk shalat Jumat.

Maka dalam hadist tersebut disebutkan bahwa Mandi Jumat harus diikuti oleh amalan-amalan lain dalam Shalat Jumat.

Dan bagi yang Mandi Jumat kemudian mengerjakan amalan-amalan lain untuk Shalat Jumat maka orang tersebut akan mendapatkan pahala besar.  Bagi seseorang yang Mandi Jumat kemudian melakukan amalan-amalan yang disebutkan dalam hadist maka akan mendapatkan pahala yang besar. Diantaranya adalah :

1. Setelah Mandi Jumat kemudian pergi pada awal waktu atau pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun.

2. Setelah Mandi Jumat kemudian mendatangi masjid,  lalu shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai. Dilanjutkan dengan shalat bersama imam maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari Jumat yang lain, bahkan ditambahkan tiga hari sehingga totalnya berarti sepuluh hari.

3. Setelah Mandi Jumat kemudian memakai minyak dan harum-haruman dari rumahnya lalu keluar rumah, lantas tidak memisahkan di antara dua orang, kemudian mengerjakan shalat yang diwajibkan. Ketika imam berkhutbah dan ia pun diam, maka akan mendapatkan ampunan antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya.

4. Setelah Shalat Jumat kemudian berangkat menuju masjid di waktu paling awal maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Bagi yang datang pada kesempatan kedua maka seolah berkurban dengan seekor sapi. Bila datang pada kesempatan ketiga maka seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk.

Bila datang pada kesempatan keempat maka seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan bila datang pada kesempatan kelima maka seolah berkurban dengan sebutir telur.

BACA JUGA:Doa yang Mustajab di Hari Jumat

Tentang Hukum Mandi Jumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: