SHALAT JUMAT : Datang Paling Awal, Pahalanya Seperti Berkurban dengan Seekor Unta

SHALAT JUMAT : Datang Paling Awal, Pahalanya Seperti Berkurban dengan Seekor Unta

SHALAT JUMAT : Datang Paling Awal, Pahalanya Seperti Berkurban dengan Seekor Unta--

MAGELANG EKSPRES-Jangan pernah meremehkan Shalat Jumat. Datanglah di awal waktu sebelum khatib naik mimbar untuk khutbah maka Anda akan memperoleh pahala yang besar.

akni seperti berkurban dengan seekor unta bagi yang datang pertama kali hingga yang datang pada urutan kelima seperti berkurban dengan sebutir telur.

BACA JUGA:Keutamaan Berjalan Kaki Berangkat Shalat Jumat yang Mulai Ditinggalkan, Inilah Pahala yang Dijanjikan Allah

Pada hari Jumat, para malaikat akan berada di masjid untuk mencatat setiap Muslim yang datang untuk Shalat Jumat. Yang datang paling awal akan mendapatkan pahala yang paling banyak. Dan para malaikat akan menutup catatan setelah khatib naik mimbar untuk mendengarkan khutbah.

Maka hendaklah kita berlomba-lomba untuk bersegera ke masjid Shalat Jumat. Jangan sampai malaikat menutup catatannya karena kita datang terlambat, saat khatib berkhutbah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

“Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut).” (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850)

BACA JUGA:Shalat Jumat Hukumnya Wajib bagi Laki-laki. Bagaimana yang Meninggalkan?

Hadist tersebut menjelaskan bahwa Muslim yang akan Shalat Jumat hendaklah mandi janabah. Yakni mandi besar seperti orang yang sedang junub.

Kemudian datang di awal waktu. Sebab Muslim yang datang lebih awal mempunyai keutamaan lebih tinggi daripada Muslim setelahnya. Tentu pahala yang diperoleh Muslim yang datang lebih awal juga berbeda dengan yang datang setelahnya.

Tingkatan pahala Muslim yang datang Shalat Jumat awal waktu :

1. Yang datang pertama kali seolah berkurban dengan seekor unta

2. Yang datang kedua maka seolah berkurban dengan seekor sapi

3. Yang datang ketiga maka  seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: