Mau masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNBT 2024 daftar UTBK-nya bisa gratis lho! Yuk cek infonya!

Mau masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNBT 2024 daftar UTBK-nya bisa gratis lho! Yuk cek infonya!

Daftar UTBK SNBT bisa gratis dengan KIP Kuliah-villamerah_gandaria_official -Tangkap Layar Instagram

MAGELANGEKSPRES - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB) 2024 jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) akan segera dimulai pada Maret 2024.

Bagi siswa yang ingin mengikuti seleksi ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah biaya pendaftaran.

Berbeda dengan jalur pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau jalur raport yang gratis, pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 mewajibkan siswa membayar biaya pendaftaran.

Pada tahun 2024, biaya pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SNBT sebesar Rp200 ribu, yang dapat dibayarkan melalui beberapa bank mitra.

BACA JUGA:Universitas Negeri Semarang Umumkan Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Beberapa Prodi Unggulannya

Biaya ini sama dengan biaya pendaftaran UTBK SNBT tahun 2023. Biaya tersebut tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024 bisa gratis, jika siswa yang akan mendaftar memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan masuk dalam kategori pemegang KIP Kuliah tidak berbayar untuk UTBK SNBT 2024.

Untuk informasi tambahan, KIP kuliah merupakan beasiswa dari pemerintah Indonesia, yang menanggung biaya kuliah dan diberikan uang saku bagi siswa berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Namun, tidak semua pemegang KIP yang sebelumnya atau pada saat SMA bisa gratis biaya pendaftaran UTBK SNBT, ada beberapa kategori penerima KIP Kuliah yang masih harus membayar biaya pendaftaran UTBK SNBT.

BACA JUGA:UNNES Tawarkan Fleksibilitas dengan Membuka Program Magister dan Doktor By Research

Sehingga, pada saat mendaftar UTBK SNBT 2024, siswa perlu melihat kategori yang bisa menggunakan KIP Kuliah, bisa di cek status terdaftar gratis biaya UTBK, serta status terdaftar membayar biaya UTBK.

Selain bebas biaya pendaftaran, KIP Kuliah akan memberikan bantuan biaya kuliah sesuai akreditasi program studi dan biaya hidup sesuai klaster daerah tempat siswa kuliah.

Melansir dari laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), cara mendapatkan KIP Kuliah, pada tahun 2024 yaitu sebagai berikut:

1. Calon Mahasiswa pendaftar termasuk dari golongan keluarga yang kurang mampu secara ekonomi bisa mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: