Wisata Sejarah Di Benteng Van der Wijck Kebumen Yang Hingga Saat ini Masih Berdiri Kokoh Sejak 1818 Silam

Wisata Sejarah Di Benteng Van der Wijck Kebumen Yang Hingga Saat ini Masih Berdiri Kokoh Sejak 1818 Silam

pantauan udara benteng van der wijck di kebumen--GOOGLE

MAGELANGEKSPRES-- Benteng Van der Wijck terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Sekarang menjadi tempat wisata sejarah yang bagus untuk keluarga.

Untuk mengetahui sejarah dan perkembangan Benteng Van der Wijck, serta daya tarik wisata, biaya tiket masuk, lokasi, dan rute, lihat artikel ini.

Benteng Van der Wijck telah berdiri selama bertahun-tahun. Namun, orang masih tidak setuju tentang tahun pendiriannya.


wisata sejarah benteng van der wijck di kebumen--GOOGLE

BACA JUGA:Akhir Pekan Bingung Kemana? Kebumen Aja Menelusuri Pesona Pantai Goa Benteng & Waduk yang Memikat Yuk Mampir!

Menurut buku Benteng (2023) oleh Teguh Purwantari, bangunan ini berdiri sejak tahun 1818. Namun, kantor VOC tetap digunakan untuk tujuan perdagangan.

Kantor VOC hanya digunakan sebagai benteng pertahanan dan kantor militer Belanda selama Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825–2830).

Ini merupakan bagian dari skema Benteng Stelsel yang berhasil mencegah Pangeran Diponegoro bergerak, hingga akhirnya dia ditangkap.

BACA JUGA:Keindahan Air Terjun Dan Birunya Air Laut Pantai Jogan Di Gunungkidul Yang Super Cantik Nan Indah!

Dalam buku Percakapan dengan Diponegoro (2022), Peter Carey menjelaskan bagaimana De Kock menggunakan Benteng Stelsel sebagai strategi perang baru.

Frans David Cochius memimpin benteng di kebumen ini, yang kemudian dikenal sebagai Fort Cochius atau Benteng Cochius.

Benteng ini kemudian digunakan untuk Pupillen School, sekolah militer yang dikhususkan untuk orang Belanda. Nama Benteng Cochius kemudian diubah menjadi Benteng Van der Wijck setelah Van der Wijck, seorang jenderal militer Belanda, mengambil alih jabatan Komandan KNIL dari Frans Cochius.

BACA JUGA:Surganya Seafood Pantai Ngrenehan Destinasi Wisata yang Menawarkan Keindahan Alam & Kuliner Lezat, Yuk Mampir!

Benteng Van der Wijck digunakan sebagai tempat latihan tentara PETA (Pembela Tanah Air) saat Jepang menguasai Indonesia, menurut situs web Pemkab Kebumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: