Janji Presiden Joko Widodo Pemenuhan Pupuk Subsidi Ditagih Petani Purworejo

Janji Presiden Joko Widodo Pemenuhan Pupuk Subsidi Ditagih Petani Purworejo

GUDANG PUPUK PENYANGGA. Suasana Gudang Pupuk Penyangga (GPP) Kabupaten Purworejo saat acara Gebyar Diskon Pupuk Nonsubsidi.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

"Kita kan dominan padi ya, banyak si kabupaten lain yang lebih tinggi (produktivitasnya), tapi kita termasuk lumbung pangan karena kita surplus, dan kita menyuplay untuk Jawa Tengah, 300 ribu ton per tahun, itu kan surplus, tahun 2023 kemarin hasil panen 300 ribu ton lebih," tandasnya.

Sementara itu, Daconi mengklaim bahwa stok pupuk subsidi di Indonesia masih cukup untuk setahun kedepan. Namun, kata Daconi, memang jika dengan hanya pupuk subsidi saja kebutuhan petani tidaklah cukup.

Maka dari itu, pemerintah juga menyediakan pupuk nonsubsidi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan menginisiasi program diskon untuk pupuk nonsubsidi untuk meringankan petani.

BACA JUGA:Harga Cabai di Purworejo Kian Naik, Petani Bersyukur Dapat Untung

"Stok cukup, stok kita tersedia sepenuhnya di gudang, cukup seluruh gudang ada, stok yang untuk pupuk subsidi ya, dan distributor sudah menerima dari dinas, dari bupati, sudah keluar SK, jadi ini proses penyaluran ke pengecer, lalu ke petani. Petani silahkan langsung menebus ke pengecer. (Stok) sepanjang musim panen kita tersedia semua, jadi isu tentang kelangkaan pupuk karena tidak mampu berproduksi, mensuplay itu sebenarnya tidak, kita mampu terus mensuplay. Memang tidak semua subsidi memenuhi kebutuhan, makanya ada yang komersil," paparnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres