Akses Air Minum dan Sanitasi Ditingkatkan, Pemkab Temanggung Jalin Kerjasama dengan USAID IUWASH

Akses Air Minum dan Sanitasi Ditingkatkan, Pemkab Temanggung Jalin Kerjasama dengan USAID IUWASH

RAKOR. Pemkab Temanggung melaksanakan rakor penetapan desa yang menjadi desa replikasi program USAID IUWASH Tangguh. -SETYO WUWUH-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Dua Desa di Kabupaten Temanggung ditetapkan menjadi replikasi program kerjasama dengan Pemkab Temanggung dalam rangka meningkatkan akses air minum aman dan sanitasi higiene masyarakat.

Kerjasama ini antara pemerintah Kabupatena Temanggung dengan USAID IUWASH Tangguh, untuk melaksanakan program ini dilakukan replikasi program tersebut Selasa kemarin.

BACA JUGA:Tunggakan SPPT Temanggung 2024 Mencapai 660 Ribu Surat

Sebelumnya, program ini dilaksanakan di dua desa yang menjadi lokus program, yaitu Desa Rowo, Kecamatan Kandangan dan Desa Pendowo, Kecamatan Kranggan yang saat ini masih berlangsung.

Pemilihan lokasi replikasi program ini dilakukan dengan melibatkan berbagai Perangkat Daerah terkait antara lain Bappeda, DPRKPLH, DPUPR, Dinas Kesehatan, DPPPAPPKB, Dinkominfo, Dinpermades, dan Perumda Tirta Agung Temanggung.

Untuk tahun ini dua Desa tersebut yakni, Desa Samiranan, Kecamatan Kandangan dan Desa Joho, Kecamatan, kedua desa ini disepakati menjadi lokasi replikasi program USAID IUWASH Tangguh dengan mempertimbangan berbagai aspek yang menjadi dasar penentuan, diantaranya masalah sanitasi, air minum, angka kemiskinan, angka stunting dan prioritas pembangunan.

Selanjutnya, akan dilakukan komunikasi dengan desa terkait untuk dilakukan langkah lebih lanjut.
Edy Triyanto, SBC-GESI Specialist USAID IUWASH Tangguh mengungkapkan, dari program yang sudah dilaksanakan di dua desa yang menjadi role model sebelumnya, menunjukkan keberhasilan dalam peningkatan akses layanan air minum dan akses sanitasi berbasis masyarakat, serta perilaku higiene dan saniter masyarakat.

BACA JUGA:Masuki Tahap ketiga, Stadion Wonolelo Wonosobo Digelontor Anggaran Rp9,65 M

Gunadi, Fungsional Perencana Bappeda Temanggung memberikan apresiasi atas program USAID IUWASH Tangguh.

Ia berharap, dari replikasi ini akan terbangun semangat yang sama di lokasi yang menjadi lokus selanjutnya, untuk mewujudkan akses air minum aman dan sanitasi higiene.

“Terimakasih kepada tim USAID IUWASH Tangguh. Program ini sejalan dengan target kinerja Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk mewujudkan sanitasi aman, sehingga untuk langkah kedepan sudah tersusun perencanaan yang baik," pungkasnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres