Puasa Tiga Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Pahalanya Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Puasa Tiga Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Pahalanya Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Puasa Tiga Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Pahalanya Seperti Puasa Sepanjang Tahun--

MAGELANG EKSPRES-Diantara amalan ringan yang pahalanya besar adalah puasa tiga hari setiap bulan. Barangsiapa yang mengerjakan puasa tiga hari setiap bulan maka Allah Ta'ala bakal mengganjar pahala seperti puasa sepanjang tahun.

Tak ada amalan baik yang diperintahkan Allah Ta'ala kecuali Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam telah mengerjakan amalan tersebut.

BACA JUGA:Sering Puasa Senin Kamis? Muslim Coba Cek Keutamaannya!

Rasulullah senantiasa merutinkan puasa tiga hari setiap bulan sepanjang hidup beliau. Kemudian Rasulullah juga memerintahkan pada para sahabat serta umatnya untuk mengerjakan puasa tiga hari setiap bulan.

Sejumlah dalil menyebutkan keutamaan puasa tiga hari setiap bulan. Diantara dalil-dalil yang akan menguatkan keimanan kita sehingga termotivasi untuk mengerjakan amalan ringan dengan pahala besar yakni :

Dalil Pertama

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari, no. 1979)

Dalil Kedua

Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثٌ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ فَهَذَا صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa tiga hari setiap bulan dan puasa Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, ini seperti puasa setahun penuh. Puasa hari Arafah, aku berharap akan diampuni oleh Allah dosa setahun yang lalu dan setahun berikutnya. Puasa hari Asyura, aku berharap akan diampuni oleh Allah dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim, no. 1162)

BACA JUGA:Islam Wajib Tahu! Ini 3 Keutamaan Puasa di Bulan Rajab yang Luar Biasa

Dalil Ketiga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: