SELAMAT! Indeks Reformasi Birokrasi Kota Magelang Mendapatkan Nilai A

SELAMAT! Indeks Reformasi Birokrasi Kota Magelang Mendapatkan Nilai A

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

"Indeks RB ini mencerminkan sejauh mana perbaikan tata kelola pemerintahan telah dilakukan oleh instansi pemerintah, dengan tujuan menciptakan pemerintahan yang efektif dan efisien, bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta memiliki pelayanan publik yang berkualitas," paparnya.

BACA JUGA:TPS di Kota Magelang dan Bandongan Kabupaten Magelang Dicek Kesiapannya Jelang Pemilu 14 Februari

Wikan menuturkan, semakin tinggi nilai indeks Reformasi Birokrasi, maka semakin optimal dan produktif pengelolaan tata pemerintahan, bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

"Selain itu juga memiliki pelayanan publik yang unggul didukung oleh aparatur sipil negara yang memiliki integritas, keahlian, dan berorientasi pada kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Pentingnya penilaian RB di kabupaten/kota sangatlah besar untuk melihat dampak langsung dari peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi.

BACA JUGA:Laba Bank Magelang Mencapai Rp 3,57 Miliar di Tahun 2023, Sumbangkan 55 Persen PAD Kota Magelang

Salah satu contohnya adalah penurunan angka kemiskinan di Kota Magelang yang signifikan.

Termasuk juga peningkatan investasi yang berdampak positif seperti berkurangnya tingkat pengangguran terbuka, transformasi digital dalam pelayanan publik, serta penggunaan produk dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan UMKM.

"Hal semua itu  biasa kita sebut dengan pencapaian RB tematik," katanya.

BACA JUGA:Bersama BPJamsostek Magelang, Pengawas Cadisdik Wilayah VIII Sosialisasikan SE Mendikbudristek Nomor 8

Selanjutnya, terdapat juga yang disebut dengan RB general yang mengukur perbaikan tata kelola pemerintahan dari sisi birokrasi internal.

Tujuannya adalah agar birokrasi kita menjadi lebih lincah, akuntabel, dan kolaboratif. Untuk mencapai hal ini, diperlukan dukungan dari ASN yang profesional dan berahlak.

Menurut Wikan, terdapat beberapa indeks RB general, antara lain Indeks SPBE, Indeks SAKIP, Indeks Kualitas Kebijakan, Indeks Reformasi Hukum, dan Indeks Sistem Merit. Terdapat sekitar 25 indikator di dalamnya.

BACA JUGA:Jelang Kickoff Pemilu, Ratusan Anggota Panwascam di Wonosobo Diminta Tegas

Secara teknis, lanjut Wikan, strategi yang dilakukan adalah komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang intensif dengan instansi vertikal yang menangani atau menilai IRB General dan IRB tematik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres