Jelang Kickoff Pemilu, Ratusan Anggota Panwascam di Wonosobo Diminta Tegas

Jelang Kickoff Pemilu, Ratusan Anggota Panwascam di Wonosobo Diminta Tegas

APEL. Ketua Bawaslu Wonosobo, Sarwanto Priadhi memimpin Apel Siaga Panwascam di komplek wisata Telaga Menjer, Selasa (6/2).-Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Pemilihan umum (Pemilu) serentak akan diselenggarakan seminggu lagi, masa kampanye pun akan segera berakhir.

Panwascam se-Kabupaten Wonosobo diminta tegas jika dalam setiap tahapan pemilu mendapati suatu pelanggaran.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Wonosobo, Sarwanto Priadhi saat ditemui wawancara, usai memimpin apel siaga bersama ratusan Panwascam di komplek wisata Telaga Menjer, Selasa (6/2) pagi.

BACA JUGA:Longsor Lumpuhkan Jalan di Wonosobo, Sejumlah Rumah Statusnya Terancam

"Panwas kita minta betul untuk tidak berpihak. Harus tegas, mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh peserta Pemilu," kata Sarwanto Priadhi.

Apel siaga bertema "Mewujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas" itu diikuti sebanyak 360 peserta. Terdiri dari seluruh anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Wonosobo, perwakilan partai politik, jajaran Forkompimda, dan tim pengawas dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan apel siaga tersebut digelar yang kedua kalinya di sepanjang tahapan Pemilu tahun 2024. Secara tegas, melalui apel dan kegiatan koordinasi serupa, dapat menekankan perihal netralitas pengawas, mulai dari pengawas kabupaten hingga ke Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

"Kita sering adakan rapat-rapat koordinasi untuk mempertegas seluruh petugas. Kita meningkatkan koordinasi mulai dari kabupaten (Bawaslu) sampai ke PTPS," ujarnya.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Magelang Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024, Libatkan 15 Armada Truk

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. Ia turut memberikan imbauan kepada petugas yang sudah diamanahi untuk terlibat dalam pengawasan pemilu, untuk tetap berintegritas saat bertugas.

"Kita harus terus komitmen, menciptakan Pemilu damai dan berintegritas," ucapnya.

Tak sekadar apel, peserta ikut serta dalam kegiatan deklarasi Pemilu damai di Telaga Menjer. Sebagai simbolis, jajaran Forkompimda dan Bawaslu berlayar menggunakan perahu, hingga menerbangkan puluhan balon dari tengah-tengah danau.

"Pemilu yang berhasil jika dapat menciptakan situasi aman, damai, berintegritas baik dari panitia pelaksana Pemilu dan juga masyarakat," tandas Afif Nurhidayat. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres