Hore! Tagihan Air Tempat Ibadah di Kota Magelang 100 Persen Gratis

Hore! Tagihan Air Tempat Ibadah di Kota Magelang 100 Persen Gratis

Perumda Air Minum Kota Magelang sejak beberapa tahun lalu menggratiskan tagihan biaya air di seluruh tempat ibadah setempat-ISTIMEWA-PIXABAY

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Untuk mendukung satu dari 9 program unggulan Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, Program Magelang Agamis (Programis) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Magelang sejak beberapa tahun ini telah menggratiskan seluruh tagihan air tempat ibadah.

Tempat ibadah tersebut berlaku tidak hanya masjid, tetapi juga Tempat ibadah untuk umat lainnya di Kota Magelang.

Direktur Perumda Air Minum Kota Magelang, Moch Haryo Nugroho mengatakan, kebijakan tersebut atas dukungan dari Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz.

"Sejak Pak Wali (Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz) memimpin tagihan air bersih di seluruh tempat ibadah gratis. Kebijakan ini tentu saja mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat," kata Moch Haryo, Senin, 26 Februari 2024.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Perumda AM Kota Magelang Rutin Periksa Jaringan Bermasalah

Ia menilai, meski digratiskan tapi Perumda Air Minum Kota Magelang tetap meninjau dengan baik, jaringan-jaringan menuju tempat ibadah. Bahkan, pasokan air bersih bakal ditambah menjelang bulan suci Ramadan.

"Walapun gratis tapi pasokan air bersih justru ditambah. Jika masih kurang, kita juga menyiapkan tangki-tangki air bersih," ujarnya.

Menurutnya, kebijakan menggratiskan air bersih di semua tempat ibadah ini sudah berlaku sejak tahun 2021 lalu. Tidak hanya berlaku saat bulan Ramadan saja.

"Selain sebagai dukungan terhadap Programis, penggratisan tagihan air di tempat ibadah ini agar bisa lebih bermakna. Terutama saat menjalankan ibadah puasa dan melaksanakan shalat di masjid-masjid," ucapnya.

BACA JUGA:Perbaikan Pipa PDAM Kota Magelang Berhasil, Pasokan Air Wilayah Magelang Utara Normal Kembali

Seperti pelaksanaan Ramadan yang sudah-sudah, biasanya pemakaian air bersih akan meningkat 100 persen.

"Di satu sisi kita sudah siapkan jaringan yang baik, pemeliharaan, agar suplai air ke pelanggan dan tempat ibadah tetap lancar," ujarnya.

Moch Haryo juga meminta masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan air bersih dan terhambatnya suplai air selama Ramadan. Sebab, Perumda Air Minum Kota Magelang kini memiliki Tim Reaksi Cepat yang akan turun langsung ketika terjadi masalah teknis.

"Jika ada tempat ibadah atau pelanggan yang krisis air, maka Tim Reaksi Cepat disamping memperbaiki juga dimungkinkan memasok menggunakan tangki air," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres