Dakwah dan Ifthar adalah Amalan Populer di Moment yang Pas yakni Bulan Ramadhan

Dakwah dan Ifthar adalah Amalan Populer di Moment yang Pas yakni Bulan Ramadhan

Dakwah dan Ifthar adalah Amalan Populer di Moment yang Pas yakni Bulan Ramadhan--

MAGELANG EKSPRES-Seiring mendekatnya bulan Ramadhan, kita perlu menyiapkan diri mulai sekarang. Di samping ibadah-ibadah yang utama yaitu ibadah yang ditunjukkan oleh dalil khusus, ada juga amalan-amalan yang populer dan disyariatkan di bulan Ramadhan karena momentum yang tepat. Di antaranya adalah dakwah.

Ustadz Anas Burhanuddin menjelaskan bahwa pada bulan Ramadhan, umat Islam bisa bergerak lebih leluasa untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sebab, setan-setan dibelenggu, maka peluang untuk berdakwah dan peluang agar dakwah kita diterima oleh orang yang kita dakwahi menjadi lebih besar.

BACA JUGA:Mengingatkan Amalan-amalan Utama di Bulan Ramadhan yang Harus Kita Siapkan

"Kenapa? Karena hati mereka sedang terbuka. Pintu surga sedang terbuka, pintu jahanam sedang ditutup oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, gembong-gembong setan sedang dibelenggu. Maka suasana seperti itu mendukung dakwah yang kita lakukan untuk diterima oleh orang-orang yang kita dakwahi," ungkapnya.

Disebutkan, selama bulan Ramadhan para ulama maupun para da'i bisa memanfaatkan momentum dengan lebih baik. Momennya pas. Maka ada banyak kajian, kultum, siraman rohani, buka puasa bersama yang juga diisi dengan kajian-kajian Islam.

Momennya pas maka lanjutnya, ada juga ifthar.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan keutamaan memberikan ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, tapi hadits-haditsnya umum, tidak khusus untuk bulan Ramadhan.

"Barang siapa yang memberikan ifthar, memberikan buka puasa kepada orang yang sedang berpuasa, maka dia mendapatkan pahala orang yang berpuasa."

"Dalilnya umum. Namun amalan ini menjadi populer di bulan Ramadhan karena pada bulan Ramadhan orang paling banyak berpuasa. Orang-orang berpuasa setiap hari kecuali yang punya uzur. Maka dengan banyaknya orang yang berpuasa, maka ada momentum untuk melakukan ifthar."

Menurut Ustadz Anas Burhanuddin, pada bulan Ramadhan, ada kesadaran yang tumbuh di antara umat Islam untuk meraih pahala lebih besar.

BACA JUGA:Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali

Maka orang-orang yang diberikan keleluasaan, kelonggaran secara ekonomi, diberikan rezeki yang melimpah maka banyak orang yang mengamalkan sunnah ini dengan memperbanyak menyediakan hidangan ifthar untuk mereka yang berpuasa.

"Jadi ini juga adalah ibadah yang populer karena momentumnya tetap. Tidak ada dalil khusus, tapi momentum yang membuat ibadah ini menjadi populer dan banyak dilakukan," urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres