Mengendalikan Hawa Nafsu di Bulan Puasa Disertai Penjelasan Hadist dan Ayat Alquran

Mengendalikan Hawa Nafsu di Bulan Puasa Disertai Penjelasan Hadist dan Ayat Alquran

Mengendalikan Hawa Nafsu di Bulan Puasa Disertai Penjelasan Hadist dan Ayat Alquran--Unsplash

MAGELANGEKSPRES -- Hawa nafsu menjadi hal yang perlu dikendalikan umat muslim terutama disaat Bulan Puasa.

Oleh sebab itu, berikut 3 macam hawa nafsu yang perlu dikendalikan oleh diri sendiri beserta penjelasan hadist beserta ayat Alquran berikut ini.

1. Mengendalikan Amarah

Menjaga Lisan

Menjaga lisan menjadi bagian dari mengendalikan hawa nafsu berupa emosi. Seseorang dapat menghasilkan kata-kata yang tidak baik akibat dari pikiran negatif yang kian menyelimuti.

BACA JUGA:Dikira Pahalanya Lebih Besar, Bagaimana Orang yang Shalat Tarawih tapi Meninggalkan Shalat Ba'diyah Isya?

Oleh sebab itu rasulullah menganjurkan untuk melafalkan istigfar disaat dihadapkan dengan segala hal yang menimbulkan emosi agar dapat menenangkan diri dan menjernihkan pikiran.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم، قال: "لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرُعة، وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ".

Artinya: "Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Saw. yang telah bersabda: Orang yang kuat itu bukanlah karena jago gulat, tetapi orang kuat ialah orang yang dapat menahan dirinya di kala sedang marah," (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Amalan-amalan yang Sering Dilalaikan Ketika Berbuka Puasa, Jangan Tinggalkan agar Puasa Kita Sempurna!

Menjaga Tulisan

Ketikan atau tulisan kian menjadi bagian dari hawa nafsu yang tidak kalah tajamnya bila tengah kalut dengan emosi negatif.

Oleh sebab itu sebaiknya seorang muslimin menghindari secara langsung terhadap postingan dengan cara scrolling atau bergeser pada tayangan selanjutnya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Mukmin yang paling utama adalah umat yang selamat dari keburukan lisan dan tangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: