Jangan Biarkan Lailatul Qadar Berlalu Tanpa Kita Bisa Meraihnya!

Jangan Biarkan Lailatul Qadar Berlalu Tanpa Kita Bisa Meraihnya!

Jangan Biarkan Lailatul Qadar Berlalu Tanpa Kita Bisa Meraihnya!--

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak doa lailatul qadar "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii"

Hadits yang meriwatkan doa tersebut adalah :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ  قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja aku tahu bahwa suatu malam adalah malam lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdoalah : "Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii" (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan– karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).” (HR. Tirmidzi, no. 3513 dan Ibnu Majah, no. 3850. Abu ‘Isa At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini sahih).

BACA JUGA:Investasi 5 Menit untuk Meraih Malam Lailatul Qadar, Ustadz Adi Hidayat : Bangun Setiap Malam Ramadhan

3. Memperbanyak membaca Al Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an. Jibril turun untuk mengajari Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam membaca Al Qur’an pada bulan Ramadhan. Beliau bisa khatam Al Qur’an sekali pada bulan Ramadhan.

Namun di akhir ayatnya, sebelum wafat beliau khatam Al Qur’an dua kali pada bulan Ramadhan.

Praktik mengkhatamkan Al Qur’an terus dilakukan  oleh para shalaf hingga sekarang. Mereka konsen membaca Al Qur’an, apalagi di bulan Ramadhan. Mereka senantiasa mengkhatamkan Al Qur’an sesuai kemampuan. Pada bulan Ramadhan, ada yang bisa sehari khatam, bahkan ada yang sehari bisa dua kali khatam.

4. Qiyamul Lail

Memperbanyak qiyamul lail atau shalat malam. Minimal kita harus mengerjakan shalat tarawih berjamaah setelah shalat Isya' di masjid.

Kalau ingin menambah pahala lagi maka bisa bangun di sepertiga malam atau saat sahur kemudian mengerjakan shalat malam 2 rakaat  atau lebih.

BACA JUGA:Lailatul Qadar, Malam yang Ditunggu-tunggu Umat Muslim tapi Allah Merahasiakan Waktunya

5. Membangunkan anak dan isteri

Mengingat keutamaan Lailatul Qadar yang sangat besar maka kita harus mengajak anak dan istri untuk meraih Lailatul Qadar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: