Rekrutmen Panwascam Pilkada Kota Magelang 2024, Simak Persyaratannya!

Rekrutmen Panwascam Pilkada Kota Magelang 2024, Simak Persyaratannya!

Ketua Bawaslu Kota Magelang Maludin Taufiq-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Magelang membuka rekrutmen calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Ketua Bawaslu Kota Magelang, Maludin Taufiq mengatakan, dalam proses rekrutmen panwascam Pilkada 2024, dilakukan dengan dua metode, sistem existing atau evaluasi kinerja dan juga seleksi terbuka.

Dia menjelaskan, metode existing atau evaluasi kinerja diterapkan khusus kepada anggota Panwascam saat ini.

BACA JUGA:Persiapan Pilkada 2024, KPU Kabupaten Magelang Buka Rekrutmen PPK Mulai Pekan Depan

"Meskipun metodenya adalah evaluasi kinerja tapi Panwascam existing tetap diwajibkan mengikuti tes secara tertulis dan wawancara," ujar Maludin, Rabu 24 April 2024.

Pendaftaran ulang bagi Panwascam existing sendiri, katanya, dimulai pada 23 April hingga 27 April mendatang.

"Kemudian hasil dari rangkaian evaluasi ini akan diumumkan pada 1-2 Mei 2024," katanya.

BACA JUGA:KPU Purworejo Buka Pendaftaran PPK dan PPS

Apabila hasil evaluasi dan tes tertulis keapda Panwascam existing tidak lolos, maka Bawaslu Kota Magelang akan membuka rekrutmen baru untuk Panwascam mulai 3 Mei 2024.

"Panwascam existing yang tidak lolos CAT dan evaluasi kinerja maka otomatis akan digantikan dengan yang baru, karena dia tidak boleh daftar lagi," jelasnya.

Maludin menambahkan, ketentuan ini mengacu pada petunjuk teknis (juknis) dari Bawaslu RI. Pada tahapan pertama dilaksanakan evaluasi kinerja anggota Panwascam yang ada atau sistem existing, untuk menilai apakah masih memenuhi kriteria ataupun tidak.

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Magelang Bekali Panwascam Pemahaman dan Kesiapan Pengawalan Regulasi

"Tahapan existing ini dimulai dari 23 April 2024 sampai dengan 3 Mei 2024. Tentunya selain CAT memenuhi ambang batas minimal, kita juga harus melihat sepak terjangnya selama bertugas sebagai Panwascam pada Pemilu 2024," ungkpanya.

Dia berharap, adanya dua metode rekrutmen Panwascam Pilkada 2024, kinerja dari yang bersangkutan akan sangat berpengaruh terhadap hasil evaluasi dan bahkan ada ambang batas penilaian yang diberlakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres