Grebeg Gethuk 2024, 17 Kelurahan Persembahkan Gunungan Palawija dan Beragam Kesenian Kota Magelang

Grebeg Gethuk 2024, 17 Kelurahan Persembahkan Gunungan Palawija dan Beragam Kesenian Kota Magelang

17 kelurahan dari 3 kecamatan di Kota Magelang ikut meriahkan Grebeg Gethuk 2024.-Magelang Ekspres/-Muhammad Izzul Wafa'

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Grebeg Gethuk 2024 turut dimeriahkan 17 kelurahan yang mempersembahkan gunungan palawija hingga beragam kesenian khas Kota Magelang.

Sekitar pukul 10.00 WIB, satu persatu kelurahan masuk ke Alun-alun Kota Magelang tempat dilaksanakannya puncak acara Grebeg Gethuk 2024.

Sembari disaksikan ribuan warga, 17 iring-iringan dengan sebutan "bergoda" atau regu pasukan ini menggotong gunungan palawija berisi sayur mayur yang akan diperebutkan oleh warga usai acara. 

Selain itu, masing-masing bergoda juga menampilkan beragam kesenian mulai dari pakaian adat hingga tari-tarian tradisional. 

BACA JUGA:Lagi, Pengendara Langgar Alat Peraga Lalu Lintas dengan Melawan Arus di Area RSB Puri Agung Kota Magelang

Kelurahan Gelangan bersama bergoda-nya mengawali parade spektakuler hingga membuat warga yang hadir terkesima dengan satu gunungan palawija besar. 

Gunungan ini merupakan simbol rasa suka cita dan syukur atas nikmat serta kemakmuran yang diberikan oleh Tuhan YME. Gunungan palawija juga menandakan Kota Magelang adalah kota yang makmur gemah ripah loh jinawi.

Tak mau kalah, Kelurahan Jurangombo Utara bersama bergodo Jumbara juga menampilkan kreasi unik gunungannya seraya diiringi tari jatilan. 

BACA JUGA:Setelah Vakum 4 Tahun, Perayaan Grebeg Gethuk Kembali Digelar di Kota Magelang

Selanjutnya, kesenian wayang wong dan gedruk yang banyak digemari warga Magelang dihadirkan khusus untuk menghibur warga yang datang oleh bergoda dari Kelurahan Magersari.

14 kelurahan lain, Jurangombo Selatan, Rejowinangun Selatan, Tidar Selatan, Tidar Utara, Cacaban, Kemirirejo, Magelang, Panjang, Rejowinangun Utara, Kedungsari, Kramat Selatan, Kramat Utara, Potrobangsan, dan Wates tak kalah heboh dengan parade unik yang mereka tampilkan. 

Setelah semua bergodo berbaris di lapangan alun-alun. Walikota Magelang, Muchamad Nur Aziz memberikan sambutan sekaligus menyapa hangat warga yang hadir. 

Aziz mengapresiasi seluruh masyarakat, UMKM, dan pelaku seni budaya yang memiliki andil besar dalam terselenggaranya Grebeg Gethuk 2024 dalam rangka hari jadi Kota Magelang ke-1118.

BACA JUGA:BP Jamsostek Magelang Perkuat Sinergi dengan Pemkab dan Pemkot Magelang, Menyangkut Regulasi Kepesertaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres