InJourney Melatih Pelaku Pariwisata di Sekitar Borobudur

InJourney Melatih Pelaku Pariwisata di Sekitar Borobudur

PELATIHAN. Peserta mengikuti program pelatihan dari IHH untuk peningkatan kemahiran seputar keramahtamahan dan pelayanan yang berciri Indonesia, di Pasar Tani Morosuka, Desa Tegalarum, Borobudur, Jumat (31/5) lalu.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Mulyanto, menyatakan bahwa pelatihan IHH di Borobudur diharapkan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Kajari Siap Kawal Relokasi Pedagang di Kawasan Candi Borobudur hingga Menempati Pasar Seni Kujon

"Pariwisata memutar roda perekonomian warga, tidak hanya yang terlibat langsung tetapi juga sektor pendukung seperti tukang ojek dan parkir kendaraan. Semoga pelatihan ini memberikan efek berlipat ganda bagi kesejahteraan warga," ujarnya.

Sementara, Camat Borobudur, Subiyanto, mewakili Forkopimcam menekankan pentingnya pelayanan prima di DPSP Borobudur.

"Program pemberdayaan ini diharapkan dapat membangun komunikasi intensif antar desa di Borobudur, pemerintah daerah, dan BUMN. Mari kita berbagi informasi dan berkolaborasi untuk mengaktualisasikan potensi masing-masing dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan," katanya.

Salah satu peserta Agustina Triningtiyas (19 tahun), satuan keamanan (security), menuturkan pelatihan ini sangat bermanfaat, mengajarkan dasar-dasar pelayanan seperti cara berkomunikasi efektif dan menyambut pelanggan.

“Semoga kami dapat langsung mempraktikkannya kepada pelanggan dan wisatawan," ungkap peserta asal Kembanglimus, Borobudur ini. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres