Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #3, Yang Kurang Afdhol Bisa Kalahkan yang Afdhol di Bulan Lain

Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #3, Yang Kurang Afdhol Bisa Kalahkan yang Afdhol di Bulan Lain

Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #3, Yang Kurang Afdhol Bisa Kalahkan yang Afdhol di Bulan Lain--

MAGELANG EKSPRES- Tak ada yang menandingi amal sholeh di awal bulan Dzulhijjah. Termasuk jihad di jalan Allah. Kecuali kalau orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya kemudian mati syahid.

Bahkan amalan yang kurang afdhol jika dikerjakan di waktu yang utama yakni di awal bulan Dzulhijah maka bisa mengalahkan amalan yang afdhol yang dikerjakan di bulan lainnya.

Artinya amalan yang dikerjakan di waktu yang utama akan lebih afdol karena pahalannya dilipatgandakan.

BACA JUGA:Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #1, Keistimewaan Puasa 1-9 Dzulhijjah Seperti yang Dilakukan Rasulullah

Dalil-dalil tentang Keutamaan Awal Dzulhijjah

Dari Ibnu Abbas, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).

Para sahabat bertanya: Tidak pula jihad di jalan Allah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

menjawab: Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun. (HR. Abu Daud no. 2438. Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abi Daud mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Ibnu Rojab dalam Latho’if Ma’arif mengatakan bahwa amalan yang kurang afdhol jika dikerjakan di waktu yang utama (seperti bulan Dzulhijah), lalu dibandingkan dengan amalan yang afdhol yang dikerjakan di bulan lainnya, maka amalan yang dikerjakan di waktu yang utama akan lebih unggul karena pahala dan ganjaran yang dilipatgandakan.

Amalan di Awal Dzulhijah

Amalan yang dapat dilakukan diantaranya adalah berpuasa. Berdasarkan perkataan Hafshoh, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan berpuasa pada sepuluh hari awal Dzulhijah.

Namun ‘Aisyah mengatakan bahwa beliau tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan puasa di hari-hari tersebut sama sekali.

BACA JUGA:Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #2, Puasa Arafah Bisa Menghapus Dosa 2 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: