Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #3, Yang Kurang Afdhol Bisa Kalahkan yang Afdhol di Bulan Lain

Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #3, Yang Kurang Afdhol Bisa Kalahkan yang Afdhol di Bulan Lain

Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #3, Yang Kurang Afdhol Bisa Kalahkan yang Afdhol di Bulan Lain--

Ibnu Rojab menukil perkataan Imam Ahmad dalam menggabungkan dua perkataan ini dengan mengatakan, “Yang dimaksudkan ‘Aisyah adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berpuasa secara sempurna pada awal Dzulhijah.

Sedangkan yang dimaksudkan Hafshoh adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada mayoritas hari-hari yang ada.

Oleh karena itu, sebaiknya seseorang berpuasa pada sebagian hari dan berbuka pada sebagian lainnya. Inilah kompromi yang paling bagus.”

Beberapa ulama mengatakan bahwa pada awal Dzulhijah tidak hanya dikhususkan untuk berpuasa, namun ada amalan lainnya seperti qiyamul lail (shalat malam) dan memperbanyak dzikir yaitu bacaan tahlil, tahmid dan takbir. Ini menunjukkan keutamaan beramal pada awal bulan tersebut. (Inilah Faedah dari Latho’if Ma’arif, Ibnu Rojab)

Jangan Tinggalkan Puasa Arafah

Hendaklah kita  berpuasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah karena keutamaan yang besar di dalamnya. Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ketika ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim no. 2804).

Semoga kita dimudahkan untuk mengerjakan amal-amal sholeh di awal bulan Dzulhijjah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: