Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #4, Dapatkan Pahala Melimpah dengan Shalat Malam di Bulan Utama

Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #4, Dapatkan Pahala Melimpah dengan Shalat Malam di Bulan Utama

Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #4, Dapatkan Pahala Melimpah dengan Shalat Malam di Bulan Utama--

MAGELANG EKSPRES-Tak lama lagi bakal memasuki bulan Dzulhijjah. Bulan mulia yang Allah tetapkan sebagai bulan haram bersama bulan Rajab, Dzulkaidah dan Muharram.

Sebagai bulan haram, bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. Namun ada keutamaan bulan Dzulhijjah tak dimiliki oleh bulan haram lainnya. Yakni 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

BACA JUGA:Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #1, Keistimewaan Puasa 1-9 Dzulhijjah Seperti yang Dilakukan Rasulullah

Sebab amal-amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari tersebut melebihi jihad di jalan Allah.

Kecuali kalau orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun akhirnya mati syahid.

Adapun keutamaan beramal di sepuluh hari pertama Dzulhijah diterangkan dalam hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berikut,

« مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ ». يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ « وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ ».

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.“

Haji adalah amalan yang paling afdol pada awal Dzulhijjah. Kemudian qurban pada hari Idul Adha 10 Dzulhijjah atau tidak memungkinkan bisa qurban pada hari Tasyrik yakni 11,12 dan 13 Dzulhijjah.

Haji merupakan amal sholeh yang membutuhkan kemampuan fisik dan harta. Sedang qurban membutuhkan kemampuan harta untuk membeli hewan qurban.

BACA JUGA:Amal Sholeh di Awal Dzulhijjah #2, Puasa Arafah Bisa Menghapus Dosa 2 Tahun

Bagaimana bagi yang tidak mampu haji atau berqurban? Maka banyak amal sholeh yang bisa kita lakukan agar bisa mendulang pahala besar pada 10 hari awal Dzulhijjah.

Qiyamul lail (shalat malam) bisa menjadi pilihan yang harus diprioritaskan pada 10 hari awal Dzulhijjah. shalat malam adalah shalat yang paling afdol setelah shalat wajib.

Pada hari-hari biasa, orang yang mengerjakan shalat malam maka bakal mendapatkan banyak berkah dan rahmat dari Allah Ta'ala. Juga jaminan pahala yang melimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: