Kandang Ayam di Purworejo Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp1 Miliar

Kandang Ayam di Purworejo Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp1 Miliar

KANDANG LUDES TERBAKAR. Sebuah kandang ayam di Desa Kalikalong Kecamatan Loano ludes terbakar.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Insiden kebakaran meludeskan sebuah tempat kandang peternakan ayam berkapasitas 11.000 ekor di Dusun Sigunung 1 Kalikalong RT 01 RW 01 Desa Kalikalong Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Rabu (26/6). Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut, tetapi kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp1,1 miliar.

Informasi dari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo menyebutkan bahwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 00.16 WIB.

“Petugas menerima laporan pada pukul 00.18 dan langsung meluncur ke lokasi. Penanganan mulai pukul 00.35,” kata Kepala Satpol PP Damkar, Budi Wibowo.

BACA JUGA:Kandang Ayam di Wonosobo Terbakar Hebat, Polisi Dalami Penyebabnya

Diungkapkan, petugas yang diturunkan adalah Regu B yang melaksanakan piket di Mako. Penanganan itu berdasarkan laporan dari Kades Kalikalong, Hendro.

Kandang ayam itu milik dari Bapak Tulus Widodo,” ungkapnya.

Luasnya kandang dan kandang dari bahan mudah terbakar menjadikan proses pemadaman berlangsung relatif lama. Apalagi lokasi kandang berada di jalan yang terjal dan sempit.

“Butuh waktu lebih dari dua jam untuk pemadam. Pukul 02.56 WIB, api baru bisa dipadamkan,” terangnya.

BACA JUGA:Gegara Buat Api Unggun, Mobil Milik Warga Wonosobo Ikut Terbakar

Tim Damkar Mako tidak bekerja sendirian, mereka dibantu Pos Kutoarjo dan Pos Purwodadi Bidang Pemadam Kebakaran,  Satpol PP Damkar Purworejo. Tercatat ada 5 Randis Damkar yang diturunkan.

“Kebakaran kandang itu diduga karena adanya gasolec atau pemanas yang jatuh ke sekam,” kata Kasatpol PP Damkar.

Selain melakukan pemadaman, tim Satpol PP Damkar juga kembali turun ke lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi bersama pihak kepolisian pada Rabu (26/6) siang. Penyelidikan masih terus dilakukan untuk memgetahui penyebab pasti kebakaran dan nilai kerugian. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres