SMK PN-PN2 Purworejo Sukses Ubah Motor BBM Jadi Listrik

SMK PN-PN2 Purworejo Sukses Ubah Motor BBM Jadi Listrik

UJI KENDARAAN. Kacabdin Pendidikan Wilayah VIII Jateng Maryanto, S.Pd., M.Sc., Pengawas SMK H. Achmad Chamdani, S.Pd, M.Pd.,melakukan uji coba kendaraan bermotor listrik hasil konversi SMK PN-PN2 Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

Terpisah, Catur Surasto, S.Pd.,M.Pd., dari Tim Konversi SMK PN-PN2 Purworejo menjelaskan, dalam konversi ini, mesin motor berbahan bakar minyak diambil kemudian diganti mesinnya, meliputi tiga komponen, yakni konverter, motor dan bagian kelistrikannya.

BACA JUGA:12 Pasang Pengantin 'Nikah Bareng Meriah’ di Unimma Magelang, Ucap Ijab Qabul di Atas Tangga Lipat

Dalam uji coba yang dilakukan di Polda Jatim dengan melibatkan PT MMP, sudah diujicoba dengan mengukur kecepatan perputaran roda, daya cengkeram pengereman, serta torsinya dan uji coba lampu-lampu sesuai aturan yang ada.

"Alhamdulillah uji coba lolos semua dan siap jalan," ungkap Catur.

Menurut Catur, motor listrik berbasis baterai ini, menggunakan baterai produksi PT MMP. Baterai memiliki voltase 72, besaran daya 2.000 watt, daya tahan baterai untuk jarak 40-60 km.

"Ada indikator dari penggunaan baterai ini. Jika sudah mencapai 20 persen, maka baterai harus dicasa kurang lebih 2,5 jam lamanya," pungkas Catur, sambil menambahkan bahwa saat ini dua kendaraan bermotor yang sudah dikonversikan tersebut sedang dalam proses kepengurusan surat-suratnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres