Apakah Nabi Yusuf? Para Ulama Berbeda Pendapat tentang Siapa Lelaki Paling Tampan di Dunia

Apakah Nabi Yusuf? Para Ulama Berbeda Pendapat tentang Siapa Lelaki Paling Tampan di Dunia

Apakah Nabi Yusuf? Para Ulama Berbeda Pendapat tentang Siapa Lelaki Paling Tampan di Dunia--

MAGELANG EKSPRES-Siapa lelaki yang paling tampan yang pernah hidup di bumi ini? Benarkan Nabi Yusuf yang paling tampan di dunia seperti diyakini banyak umat Islam. Ataukah ada lelaki lain yang paling tampan?

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com) menjelaskan bahwa para ulama berbeda pendapat tentang siapakah lelaki yang paling tampan itu.

Namun para wanita yang pernah bertemu Nabi Yusuf ‘alaihis salam menganggap Yusuf bukan manusia biasa, tapi jelmaan Malaikat.

فَلَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَذَا بَشَرًا إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ

“Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf: 31).

BACA JUGA:Belajar dari Kesabaran Nabi Ayyub yang Luar Biasa

Ada tiga pendapat tentang siapa lelaki yang paling tampan. Semua pendapat tersebut didasari hadis  dan pendapat ulama yang bisa dipertanggungjawabkan.

Pendapat Pertama, lelaki yang paling tampan adalah Nabi Yusuf 'alaihis salam.

Diantara dalilnya adalah ayat di atas dan hadis dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, dimana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أُعْطِيَ يُوسُفُ شَطْرَ الْحُسْنِ

“Yusuf diberi setengah ketampanan.” (HR. Ahmad 14050 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Disebutkan pula dalam hadis riwayat Muslim, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan peristiwa Isra Mi’raj yang beliau alami. Ketika beliau di langit ketiga, beliau bertemu dengan Yusuf. Komentar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ketemu beliau,

فَإِذَا أَنَا بِيُوسُفَ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا هُوَ قَدْ أُعْطِىَ شَطْرَ الْحُسْنِ

Di sana saya bertemu Yusuf  alaihis shalatu was salam, ternyata beliau diberi setengah ketampanan. (HR. Muslim 429).

BACA JUGA:Kisah Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW & Hikmah dalam Kehidupan Sehari-hari

Ibnul Qoyim menjelaskan makna hadis bahwa kesimpulan yang bisa dipahami dari hadis bahwa Yusuf ‘alaihis salam secara khusus memiliki setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah setampanan sisanya terbagi pada semua manusia lainnya. (Badai al-Fawaid, 3/723).

Pendapat Kedua, lelaki yang paling tampan adalah Nabi Adam ‘alaihis salam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: