Panen Raya di Desa Sukomanah Purworejo, Kodim 0708 Beri Benih Padi Kepada 300 Petani

Panen Raya di Desa Sukomanah Purworejo, Kodim 0708 Beri Benih Padi Kepada 300 Petani

PANEN RAYA. Para petani di Kampung Pancasila Desa Sukomanah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah saat panen raya padi di desa setempat.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES – Sebanyak 300 petani di Kampung Pancasila Desa Sukomanah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo mendapatkan bantuan benih padi unggulan dari pemerintah melalui Kodim 0708/Purworejo untuk menghadapi masa tanam(MT) ke-3.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo saat menghadiri panen raya padi di desa setempat pada Rabu (10/7).

Pada kesempatan itu, Damdim turut memetik padi bersama perwakilan Dinas Pertanian, jajaran Forkompincam Purwodadi, pemerintah desa, dan kelompok tani Suko Sarono Desa Sukomanah.

BACA JUGA:Dengan Pompanisasi, Presiden Jokowi Targetkan Peningkatan Produksi Padi Jawa Tengah

Dandim menyebut kegiatan panen raya ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mendukung program ketahanan pangan sesuai dengan peran TNI AD untuk melakukan pendampingan kepada petani dalam meningkatkan hasil penen.

Jenis padi yang dipanen yaitu IR Bagendit bertempat dilahan milik H Ahmadi dengan luas sekitar 1500 meter.

“Selain itu juga di lakukan penyerahan benih padi kepada 300 petani untuk menghadapi masa tanam MT 3," sebutnya.

Menurut Dandim, ketahanan pangan di Kabupaten Purworejo dalam level aman dan tercukupi. Diharapkan pada panen MT 2 kali ini para petani  dapat melakukan panen kembali dengan hasil yang maksimal.

BACA JUGA:Lumbung Padi Diminta Dihidupkan Lagi, Panen Raya di Ngombol Purworejo Bersama Bupati

"Kami berharap kerja sama antara kementrian pertanian dengan TNI AD khususnya di Kabupaten Purworejo dalam mendukung kegiatan pompanisasi untuk pengairan di persawahan akan meningkatkan produksi padi dan mencukupi kebutuhan pangan di Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa terpilihnya Desa Sukomanah menjadi Kampung pancasila yang salah satunya dari lahan pertanian yang cukup luas.Salah satu unggulan Kampung Pancasila adalah ketahanan pangan yang mampu menompang kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pangan.

"Saya harap hasil panen ini dapat mensejahterakan petani dan menjamin ketersedian pangan masyarakat khususnya di Desa Sukomanah dan umumnya Kabupaten Purworejo," tandasnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres