Pemkot Magelang Gandeng APEKSI dan IUWASH Tangguh Untuk Capai 100% Air Minum Aman

Pemkot Magelang Gandeng APEKSI dan IUWASH Tangguh Untuk Capai 100% Air Minum Aman

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengikuti Workshop Menuju 100% Akses Air Minum Aman di Pendopo Pengabdian Kota Magelang.-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES — Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), USAID Urban Resilient Water, Sanitation and Hygiene (IUWASH Tangguh) dan Bapperida Kota Magelang mengadakan "Workshop Menuju 100% Akses Air Minum Aman" di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Rabu, 17 Juli 2024.

Kegiatan ini untuk mewujudkan komitmen untuk mencapai 100% akses air minum aman. Workshop ini dihadiri oleh Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam dan perwakilan IUWASH Tangguh.

Peserta workshop antara lain dari Bapperida, Dinas PUPR, PDAM, Bagian Hukum, Sekretariat Daerah Kota Magelang, dan lembaga terkait lainnya.

BACA JUGA:Bangun Komunikasi Dua Arah, Perumda Air Minum Kota Magelang Buka Keluhan Pelanggan Lewat Media Sosial

Kepala Bapperida Kota Magelang Handini Rahayu menjelaskan, workshop ini merupakan inisiasi APEKSI dan IUWASH Tangguh terkait penyelesaian salah satu program prioritas nasional yaitu akses air minum aman. Pada workshop ini lebih fokus pada masalah sanitasi.

Kota Magelang menjadi salah satu dari 6 kota di Indonesia, untuk menjadi pilot project dan diharapkan menjadi contoh bagi kota-kota lainnya.

"Poinnya adalah penguatan sinergitas/kolaborasi di daerah yang melibatkan stakeholder dalam mengatasi permasalahan sanitasi. Salah satunya berupa produk hukum, berupa Peraturan Walikota (Perwal)," jelasnya.

BACA JUGA:Komitmen Layanan Prima untuk Pelanggan, PDAM Kota Magelang Bakal Gratiskan Tagihan Air untuk Veteran

Dengan begitu, seluruh komponen masyarakat, pemerintah, swasta, media, akademis, dan sebagainya memiliki peran masing-masing mendukung sanitasi yang diatur secara legal.

Pihaknya optimistis capaian 100% akan tercapai karena Kota Magelang sudah bekerjasama dengan IUWASH Tangguh sejak 2017, hingga saat ini capaian pelayanan air minum Kota Magelang sudah lebih dari 98%.

Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam menjelaskan, penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk melakukan verifikasi terhadap seluruh gap dan potensi percepatan pencapaian menuju 100% akses air minum aman di 6 kota, salah satunya Kota Magelang.

BACA JUGA:Cegah Kebocoran, PDAM Kota Magelang Lakukan Perbaikan Pipa di Kawasan Sentot Alibasya

Selain itu, melakukan proses finalisasi penyusunan regulasi setingkat walikota untuk mempercepat dan menguatkan lintas sektor, antar pihak, dan multi aspek menuju 100% air minum aman.

"Kita ingin menyelesaikan suatu dokumen kebijakan yang diharapkan menjadi penguatan kerjasama untuk menuju 100% air minum aman di Kota Magelang. Ini penting karena mengatasi persoalan akses air minum atau sanitasi tidak mungkin dilakukan sepihak," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres