UKM Pelita Untidar Lakukan Revitalisasi Hutan Pinus Sleker Bandongan

UKM Pelita Untidar Lakukan Revitalisasi Hutan Pinus Sleker Bandongan

UKM Pelita Untidar Lakukan Revitalisasi Hutan Pinus Sleker Bandongan-Verjunnea-Untidar

BANDONGAN, MAGELANGEKSPRES Tim program penguatan kapasitas organisasi mahasiswa (PPKO) unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PELITA Universitas Tidar, melaksanakan kegiatan revitalisasi Hutan Pinus Sleker Asri di Desa Gandusari dengan melakukan pengendalian vegetasi liar sebagai upaya  langkah awal revitalisasi Hutan Pinus Sleker Asri, belum lama ini.

Tim PPKO UKM PELITA melaksanakan kegiatan ini menggandeng peserta dari pengurus dan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang tergabung dalam kelompok sekolah hutan yang sebelumnya telah di bentuk saat sosialisasi program PPKO UKM PELITA.

Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh dosen pendamping, tim volunteer dan tim monev. Kegiatannya ini diselenggarakaan di kawasan Hutan Pinus Sleker Asri, Desa Gandusari pada hari Minggu-Kamis (14-18 juli 2024), pukul 08.00-selesai.

Kegiatan revitalisasi Hutan Pinus Sleker Asri merupakan program kerja utama dari tim PPKO UKM Pelita Universitas Tidar yang berjudul “revitalisasi Hutan Pinus di Desa Gandusari Melalui Ecoeduforestry Berbasis Ekonomi Hijau untuk Mewujudkan Desa Hutan Mandiri yang Berkelanjutan” dengan Tri Puji Rahayu, S.Pt.,M.P sebagai dosen pendamping.

BACA JUGA:Kenalkan 3D Printing, FT Untidar Bersama SMKN 1 Windusari Wujudkan Pengabdian Masyarakat

Rangkaian acara kegiatan ini dimulai dengan memberikan materi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) oleh Mantri Perhutani Bapak Sunardi kepada LMDH dan anggotanya yang tergabung dalam kelompok sekolah hutan sebagai rangkaian kegiatan sekolah hutan sesuai dengan kurikulum non-formal.


Kegiatan revitalisasi Hutan Pinus Sleker Asri Bandongan, kolaborasi UKM PELITA Universitas Tidar dan LMDH Desa Gandusari-Verjunnea-Untidar

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pengendalian vegetasi liar yang ada di hutan Pinus Sleker Asri.

Kegiatan ini, dimulai dengan menyiangi rumput liar bagian lapangan Sleker Asri serta lahan yang akan digunakan untuk agroforestry penanaman tanaman obat.

BACA JUGA:Belum Lama Ini, Mahasiswa Ilkom Untidar Adakan FGD Lawan Quarter Life Crisis

LMDH dan anggotanya dibagi menjadi beberapa tim untuk fokus pada persiapan lahan agroforestry dan menyiangi rumput liar area wisata yang sudah direncankan sebelumnya oleh anggota PPKO UKM Pelita 2024.

“Sekolah hutan memberikan kesempatan kepada Pak Sunardi untuk menyampaikan materi kebakaran hutan dan lahan kepada LMDH serta anggotanya, Revitalisasi ini dilakukan sebagai langkah awal dalam mengembalikan wajah baru hutan pinus Sleker Asri yang sempat redup karena covid-19," kata Verjunnea selaku ketua PPKO UKM Pelita 2024.

Dia berharap, kedepanya akan ada agroforestry penanaman tanaman obat, pembangunan sekolah hutan, pengelolaan lahan kopi, optimalisasi hasil potensi hutan pinus , manajemen wisata hingga marketing hutan pinus Sleker Asri.

Menurutnya, kegiatan ini diusung sebagai Upaya langkah menghidupkan kembali Hutan Pinus Sleker Asri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: untidar