Melihat Keunikan Magelang Tempo Doeloe Membawa Pengunjung Melalui Mesin Waktu

Melihat Keunikan Magelang Tempo Doeloe Membawa Pengunjung Melalui Mesin Waktu

Pengunjung Magelang Tempo Doeloe di Alun-alun Kota Magelang dijejali dengan suasana kuno khas zaman dulu.-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Setelah vakum beberapa tahun, Magelang Tempo Doeloe (MTD) event andalan di Kota Magelang digelar lagi dengan animo masyarakat yang tinggi sejak 19-21 Juli 2024.

Tahun 2024 ini, MTD mengusung tema "Centrum Van Industrie" yang mengajak pengunjung bernostalgia dengan suasana masa lampau.

Puluhan lapak berjajar rapi penuh ornamen-ornamen serta produk-produk jaman dulu (jadul). Pun ragam kuliner yang mengingatkan pada era masa kecil.

BACA JUGA:Kembalikan Kejayaan Koperasi di Kota Magelang Sebagai Saka Guru Perekonomian

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Sarwo Imam Santosa menjelaskan, kegiatan ini sudah dipersiapkan sejak 2 bulan yang lalu bersama komunitas Sepeda Toea VOC dan komunitas lainnya.

“Tujuannya adalah menghadirkan suasana tempo dulu yang dikemas dalam bentuk unik dan menarik agar dapat mendatangkan wisatawan ke Kota Magelang, kemudian mendorong industri pariwisata lokal, serta menjadi wadah apresiasi bagi para pelaku seni dan budaya lokal dan luar Kota Magelang,” kata Sarwo Imam, Senin, 22 Juli 2024.

Sementara itu, Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTD.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Dinkes Kota Magelang Wujudkan Program Kampung Santun Lansia

Dia berharap ke depan MTD menjadi agenda rutin sehingga menambah daya tarik masyarakat, khususnya dari luar daerah.

"Ini merupakan kerja sama yang luar biasa antara pemerintah dengan komunitas di Magelang. Harapannya akan menjadi agenda tahunan yang bisa dilakukan secara rutin dengan tema berbeda,” katanya.

Ketua Penyelenggara MTD tahun 2024, Andritopo menjelaskan, MTD sudah diadakan sejak tahun 2006 oleh komunitas sepeda tua VOC.

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Kota Magelang Bakal Uji Coba Sistem Sekolah Lima Hari

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak komunitas lainnya di Magelang yang ikut terlibat.

“MTD adalah sajian sejarah yang dikemas secara artistik, tema kali ini tema Centrum Van Industrie yang artinya Magelang sebagai pusat industri,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres