Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan

Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan

Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan "ah"--

MAGELANG EKSPRES-Allah Ta'ala memerintahkan kita untuk berbuat baik, patuh, menghargai dan menghormati orang tua, selama hal itu tidak bertentangan dengan perintah Allah 'Azza wa Jalla. Dan kita tahu perintah Allah ini ada yang wajib, ada yang sunah.

Kata Ustadz  Syafiq Riza Basalamah,  semua perintah untuk berbakti kepada orang tua itu dimulai dengan perintah untuk mentauhidkan Allah 'Azza wa Jalla.

Orang tua menjadi sebab adanya kita, tapi yang menciptakan kita pada hakikatnya adalah Allah 'Azza wa Jalla. "Kalau orang tua menyuruh anaknya berbuat syirik, berbuat maksiat kepada Allah 'Azza wa Jalla, maka kita enggak taat sama orang tua," jelasnya.

BACA JUGA:Seri Berbuat Baik #1, Jangan Remehkan Berbuat Baik Sekecil Apa pun!

Lanjut Ustadz Syafiq, ketika orang tua memerintahkan kepada kita untuk tidak melakukan shalat wajib, maka kita tidak harus taat.

Tapi kalau orang tua minta kita tidak shalat sunah dan minta mengikutinya. Maka kita harus taat. Karena kita diwajibkan taat kepada orang tua.

Kemudian, kalau orang tua melarang anaknya puasa Ramadhan atau puasa wajib maka kita tidak wajib mengikuti perintahnya.

"Katakan, afwan ayah, aku diperintahkan berbuat baik kepadamu. Yang memerintahkan kepadaku Allah 'Azza wa Jalla, wasiat dari Allah. Tapi kalau perintahmu bertentangan dengan perintah Allah 'Azza wa Jalla, afwan, aku mohon maaf ayah."

Disebutkan. ada banyak ayat di dalam Al-Qur'anul Karim yang memerintahkan agar anak berbakti kepada orang tuanya, berbuat baik kepada orang tuanya.

Allah berfirman,

{ وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حُسْنًا ۖ وَإِن جَٰهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ ۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَآ ۚ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ ۞ }

"Dan Kami wajibkan kepada manusia agar (berbuat) kebaikan kepada kedua orang tuanya. Dan jika keduanya memaksamu untuk menyekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau patuhi keduanya. Hanya kepada-Ku tempat kembalimu dan Aku beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Ankabuut: 8)

Ada banyak ayat di dalam Al-Qur'anul Karim yang memerintahkan agar anak berbakti kepada orang tuanya, berbuat baik kepada orang tuanya.

BACA JUGA:Dapatkan Ketenangan Jiwa Sejati dalam Majelis Ilmu Syar’i

Tetap Berbuat Baik pada Orang Tua Meski Pernah Disakiti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: