Siswa PKS Diminta Berperan Aktif Cegah Perundungan, Polres Purworejo Luncurkan "Jateng Zero Bullying"

Siswa PKS Diminta Berperan Aktif Cegah Perundungan, Polres Purworejo Luncurkan

ZERO BULLYING. Polres Purworejo meluncurkan program "Jateng Zero Bullying" dalam Apel PKS di halaman Mapolres Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Tindakan bullying atau perundungan saat ini kian marak terjadi di kalangan pelajar. Bahkan, bullying juga sempat menghebohkan dunia pendikian di Kabupaten Purworejo belum lama ini.

Kondisi tersebut disikapi oleh Polres Purworejo dengan melaksanakan Apel Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Kabupaten Purworejo dan Launching program "Jateng Zero Bullying".

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Purworejo, AKBP Edy Bagus Sumantri SIK, di halaman Mapolres setempat, Rabu (24/7).

BACA JUGA:Tradisi Guyang Jaran di Purworejo Ajak Masyarakat Rawat Kearifan lokal

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, dan diikuti perwakilan guru serta siswa dari berbagai SMA/SMK/MA.

“Kami mengajak pada bapak-ibu guru dan adik-adik PKS untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya perundungan yang terjadi di lingkungan pelajar karena perundungan dapat menimbulkan trauma bagi korbanya” kata Kapolres Purworejo dalam arahannya.

Kapolres mengungkapkan bahwa dengan launching program “Jateng Zero Bulliying”, Polres Purworejo berkomitmen berupaya mencegah terjadinya perundungan/bullying di Kabupaten Purworejo. Upaya dilakukan dengan cara gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah.

BACA JUGA:Ribuan Warga Berebut 15 Gunungan Hasil Bumi di Alun-alun Wonosobo

Tak hanya itu, Polres Purworejo juga melaksanakan pembinaan kedisiplinan dan attitude terhadap anggota PKS sehingga dapat menjadi teladan bagi rekan-rekannya.

“Tujuan PKS adalah menumbuhkan kedisiplinan pada anak. Dengan kedisiplinan tersebut, diharapkan anak juga memiliki jiwa kepemimpinan, baik untuk memimpin diri sendiri maupun orang lain. Dengan begitu adik-adik PKS dapat ikut serta membantu Kepolisian dan pihak sekolah dalam mencegah terjadinya perundungan," ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolres berharap anak-anak sebagai generasi bangsa harus dapat menjadi pribadi yang berkarakter. Tidak hanya pandai dalam bidang akademik, melainkan juga kecerdasan spiritual dan mental yang baik.

BACA JUGA:WADUH! Kasus Pelecehan dan Bullying Anak di Purworejo Capai 37 kasus

Pada akhir kegiatan apel, Kapolres Purworejo bersama Kapala Dinas Kabupaten Purworejo, perwakilan Guru dan pelajar melakukan deklarasi "Jateng Zero Bullying". (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres