Seri Amal Saleh yang Pahalanya Terus Mengalir #1, Mengajarkan Pahala

Seri Amal Saleh yang Pahalanya Terus Mengalir #1, Mengajarkan  Pahala

-Orang yang mendapatkan taufik dan hidayah dari Allah Ta'ala akan termotivasi untuk mengerjakan amal-amal saleh yang disyariatkan dalam Islam.--

Ibnu al-Jauzi rahimahullah berkata, “Apabila seseorang telah mengetahui bahwa kematian akan menghentikan amalnya, maka ia akan beramal dalam hidupnya dengan amalan yang pahalanya tetap mengalir setelah ia mati; seperti dengan menulis buku yang mengandung ilmu, karena tulisan seorang ulama bagaikan anaknya yang hidup kekal.” (Kitab Shaid al-Khathir, hlm. 34 dengan sedikit saduran).

Termasuk juga adalah setiap orang yang mempunyai andil dalam proyek percetakan buku-buku yang bermanfaat, serta pendistribusian artikel-artikel dan buku-buku yang mengandung faedah.

BACA JUGA:Amal Kebaikan yang Disunnahkan dengan Berwudhu Terlebih Dulu

Maka dia juga akan mendapat bagian yang banyak dari pahala besar dan berkelanjutan bagi seorang hamba semasa hidup dan setelah kematiannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ اْلأَجْرِ مِثْلُ أُجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ لَا يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئًا

“Barang siapa mengajak orang lain kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam ash-Shahih no. 2674).

Contoh Amal Saleh yang Pahalanya Terus Mengalir

Di antara amalan berkaitan dengan ilmu bermanfaat yang pahalanya terus mengalir bagi seorang hamba setelah kematiannya adalah membeli buku-buku yang bermanfaat dan mewakafkan atau menghadiahkannya kepada orang yang dapat memanfaatkannya, seperti para penuntut ilmu, peneliti, dan pembaca. Selama buku ini masih ada, maka itu terhitung sebagai sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir bagi penulis dan orang yang mewakafkan buku itu.

Termasuk di antaranya juga adalah membuat e-book dan menyebarkannya melalui aplikasi-aplikasi bacaan, pencarian, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Amalan yang Paling Dicintai Allah, Berbakti pada Kedua Orang Tua baru Berjihad di Jalan Allah

Buku-buku dan program-program elektronik sama dengan buku-buku fisik dari sisi manfaat dan kemampuannya dalam menebar ilmu, atau bahkan dapat lebih luas penyebaran dan manfaatnya.

Semoga Allah memudahkan kita sehingga bisa berkontribusi dalam menyebarkan ilmu sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: