Kebakaran Hutan di Bukit Buthak Menoreh: BPBD Kabupaten Magelang Ingatkan Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Kebakaran Hutan di Bukit Buthak Menoreh: BPBD Kabupaten Magelang Ingatkan Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

SALAMAN, MAGELANGEKSPRES.COM - BPBD Kabupaten Magelang meminta masyarakat untuk waspada dan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Hal itu menyusul adanya kebakaran hutan dan lahan di Bukit Buthak Pegunungan Menoreh Dusun Jambean, Desa Sriwedari, Kecamatan Salaman, Minggu, 1 September 2024 lalu. Peristiwa kebakaran hutan itu terjadi sekitar pukul 17.42 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono mengatakan, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan peristiwa bermula saat warga sekitar melihat kobaran api yang cukup besar dari atas bukit.

BACA JUGA:Kebakaran Limbah Kayu di Temanggung Belum Teratasi

“Warga masyarakat melihat kobaran api di atas bukit, sekitar pukul 17.42 WIB. Untuk itu masyarakat melaporkannya kepada Sekretaris Desa Sriwedari,” katanya.

Selanjutnya, disampaikan Edi, laporan tersebut diteruskan kepada BPBD Kabupaten Magelang untuk dapat segera ditangani dengan meminta bantuan Tim Pemadam Kebakaran.

“Namun inisiatif warga karena mengantisipasi supaya api tidak semakin membesar maka warga bergotong-royong melakukan pemadaman secara manual,” lanjutnya.

Edi menjelaskan jika jarak titik api hingga ke pemukiman warga sekitar kurang lebih 300 meter. Sementara luas lahan yang terbakar sekitar 0,2 hektar.

BACA JUGA:DRW Skincare Bantu Rp100 Juta Korban Kebakaran Pasar Kutoarjo

“Sekitar pukul 18.35 api sudah berhasil dipadamkan. Kami juga lakukan koordinasi dengan Pemdes Sriwedari untuk penanganan darurat yang dilakukan oleh BPBD, warda dan relawan," tuturnya.

Edi berpesan kepada seluruh masyarakat agar waspada dan berhati-hati ketika memasuki musim kemarau dan menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran. Mengingat di musim kemarau sangat rawan sekali terjadi musibah kebakaran.

”Jangan buang puntung rokok sembarangan, pembakaran sampah hendaknya berhati-hati, mari kita jaga bersama,” pesannya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres