Pilar Statistik Kota Magelang: Akses Mudah Data dan Edukasi Statistik untuk Semua

Pilar Statistik Kota Magelang: Akses Mudah Data dan Edukasi Statistik untuk Semua

Pilar Statistik di Kota Magelang-Haryas Prabawanti-Magelang Ekspres

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES.COM Masyarakat Kota Magelang kini lebih mudah mendapatkan berbagai informasi dan data melalui hadirnya Pintar Belajar Statistik (Pilar Statistik)

Pilar Statistik Kota Magelang merupakan Layanan Literasi Statistik sebagai bentuk kerja sama dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Magelang dengan Badan Pusat Statistik Kota Magelang, yang berlokus di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang.

Layanan ini dibentuk dalam rangka meningkatkan penyebarluasan informasi Statistik.

BACA JUGA:Rekayasa Lalu Lintas Gelaran Magelang Ethno Carnival, Hindari Titik Jalan Ini Agar Tidak Terjebak Macet

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Magelang, Aluisius Abrianta menuturkan, hadirnya layanan tersebut juga digadang dapat meningkatkan kemampuan penggunaan dan pemanfaatan hasil Statistik, berupa Edukasi Statistik dan Konsultasi Statistik.

Lebih rinci, Abrianta menjelaskan, Konsultasi Statistik dalam hal ini merupakan tanya jawab yang bersifat interaktif antara pengguna layanan dengan petugas Layanan Literasi Statistik, terkait dengan Statistik Dasar dan Statistik Sektoral.

Sedangkan edukasi statistik, lanjut dia, merupakan program pembelajaran tentang kegiatan Statistik Dasar dan Statistik Sektoral.

Abrianta menuturkan, layanan Pilar Statistik bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).

Kemudian, lanjutnya, Pilar Statistik juga bertujuan untuk memajukan kegiatan literasi statistik dalam upaya mendukung tercapainya Sistem Statistik Nasional.

BACA JUGA:Rayakan Haornas, Siswa dan Guru se Kota Magelang Senam Bersama di Alun-Alun

"Pilar Statistik juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang statistik melalui penyelenggaraan Pilar Statistik di Perpustakaan Umum Kota Magelang dan kegiatan sosialisasi statistik lain," bebernya.

Ia berharap, ke depannya, Pilar Statistik bukan hanya bermanfaat untuk para akademisi, namun juga masyarakat khususnya Kota Magelang.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi atau mencari data melalui Pilar Statistik, dapat datang ke Perpustakaan Kota Magelang, Senin dan Kamis pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres