Digelontor Rp17 M, Ubah Telaga Wurung Dieng Wonosobo Jadi Embung

Digelontor Rp17 M, Ubah Telaga Wurung Dieng Wonosobo Jadi Embung

KERJA SAMA. Pemkab Wonosobo resmi menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah terkait penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan embung. -AGUS SUPRIYADI-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COMTelaga Wurung Dieng Wonosobo akan diubah menjadi embung usai digelontorkan dana sebesar Rp17 miliar.

Pemkab Wonosobo pun resmi menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah terkait penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan embung.

Penandatanganan dilakukan di Pendopo Kabupaten Wonosobo, belum lama ini.

BACA JUGA:Pemkab Wonosobo Bantu Jual Sayur Paket Senilai Rp10 Ribu

Perjanjian ini menjadi langkah strategis peningkatan pengelolaan sumber daya air serta mitigasi dampak kekeringan yang kerap terjadi di sebagian wilayah di Kabupaten Wonosobo. 

Embung di kawasan hutan ini diharapkan mampu meningkatkan cadangan air untuk irigasi pertanian serta memperkuat ketahanan pangan lokal.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat mengatakan, pentingnya sinergi antara pemerintah daerah dan provinsi maupun pusat dalam menjaga keseimbangan ekosistem, sekaligus memanfaatkan potensi sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan embung ini tidak hanya berfokus pada peningkatan sektor pertanian, tetapi juga menjadi bagian dari strategi pelestarian lingkungan, dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan," katanya.

BACA JUGA:Jabatan Sekda Wonosobo Diperpanjang 2 Tahun

BACA JUGA:Pemkab Wonosobo Terapkan Tata Kelola Berbasis Digital, Pelayanan Tak Harus di Kantor

Menurutnya, Wonosobo adalah daerah yang sangat bergantung pada sumber daya alamnya.

Pertanian menjadi sektor utama penggerak ekonomi masyarakat, dan keberadaan air yang cukup merupakan salah satu kunci keberhasilan sektor tersebut. 

“Saya berharap dengan adanya kerjasama ini, kita dapat memperkuat kolaborasi di berbagai bidang lainnya, untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam," katanya.

BACA JUGA:FKPPI Wonosobo Netral, Kampanye Tak Boleh Pakai Seragam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres