Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp4,6 T Penuhi Kebutuhan Kas Warga Jateng & DIY di Hari Raya

UANG TUNAI. Menjawab kebutuhan masyarakat terhadap uang tunai jelang Idulfitri, Bank Mandiri menyediakan uang tunai Rp4,6 triliun di wilayah Jateng dan DIY.-IST-MAGELANG EKSPRES
MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.ID - Menyambut Idulfitri 1446 Hijriah, Bank Mandiri menyediakan kebutuhan uang tunai sebesar Rp31,6 triliun. Di Wilayah Jawa Tengah dan Jogja, kebutuhan uang tunai yang disediakan mencapai Rp4,6 triliun.
Regional CEO Bank Mandiri Kanwil VII/ Jawa 2, Iwan Tri Imawan menyebutkan, ketersediaan ini menjadi langkah antisipasi prediksi kenaikan kebutuhan uang tunai di masyarakat menjelang hari raya Lebaran. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut, naik sebesar 5,9 persen dari realisasi tahun 2024 lalu.
"Kami harap ketersediaan uang tunai di wilayah Jateng dan DIY ini dapat membantu nasabah, terutama kebutuhan Ramadan jelagn Lebaran dan pada masa pembayaran gaji maupun THR," ujarnya, Rabu, 26 Maret 2025.
BACA JUGA:Cerita Penerima Hadiah Utama Bank Magelang, Kemarin Dapat Motor Sekarang Bawa Pulang Mobil
Ia menjelaskan, sebagian besar dari alokasi kebutuhan kas tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri, yang diperkirakan mencapai Rp3,6 triliun selama periode tersebut.
"Untuk mendukung distribusi uang tunai kepada masyarakat, kami mengoptimalkan pengisian 12.905 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia, serta 1.202 mesin ATM/CRM di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta sejak awal bulan ini hingga masa libur Lebaran," ujar Iwan.
Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga memaksimalkan saluran pembayaran online untuk memfasilitasi nasabah dalam melakukan transaksi dengan cepat. Ini termasuk 264.000 mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.
"Sejalan dengan tema program Ramadan tahun ini, yaitu Raih Ketenangan, Banyak Kemenangan, dan mengingat banyaknya pengguna Livin’ by Mandiri, kami akan meningkatkan kapasitas superapp ini agar tetap dapat memberikan layanan terbaik saat puncak transaksi, sehingga nasabah dapat menjalankan ibadah dan berlibur dengan tenang," ungkapnya.
Ia menambahkan, untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST bagi nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang cukup pada Rekening Settlement Dana (RSD) guna mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST selama periode Ramadan dan Idulfitri.
BACA JUGA:Bank Mandiri Punya Fitur Tarik Uang Tanpa Kartu di ATM dan Mudahkan Transaski Saat Mudik
Sebagai langkah pencegahan, pemeliharaan akan dilakukan pada 1.202 ATM/CRM yang tersebar di seluruh wilayah Jateng-DIY, terutama di lokasi-lokasi strategis seperti area istirahat, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU, dan tempat wisata.
Nasabah juga dapat memanfaatkan Livin’ by Mandiri seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan dan e-commerce, top up e-money atau e-wallet, serta pembayaran menggunakan QRIS. Selain itu, nasabah dapat memesan tiket kereta, pesawat, hingga tempat wisata melalui fitur Sukha yang tersedia di superapp ini.
"Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan melalui tol akan sangat terbantu karena top up dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja," tambah Iwan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: magelang ekspres