Penempatan Pedagang Pasar Induk Wonosobo Masuk Finalisasi Akhir, Ini Permintaan Bupati

Penempatan Pedagang Pasar Induk Wonosobo Masuk Finalisasi Akhir, Ini Permintaan Bupati

DIWAWANCARAI. Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat saat diwawancarai.-Pasar Induk Wonosobo-Magelangekspres.com

WONOSOBO- Proses penempatan pedagang Pasar Induk Wonosobo diklaim sudah masuk tahap finalisasi akhir. Oleh karenanya, setiap pedagang dan masyarakat sekitar pasar diminta untuk lebih bersabar.

“Semua ingin cepat, saya juga begitu. Cepat selesai dan cepat ditempatkan. Tapi, dalam mengambil keputusan tidak bisa begitu. Saya harus memahami suasana batin para pedagang,” ungkap Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, Kamis (23/6/2022).

Hal itu disampaikan saat dikonfirmasi mengenai proses penempatan pedagang pasar induk yang belum dilakukan hingga saat ini.

Menurutnya, memindah hampir 4.000 pedagang itu bukanlah perkara mudah. Meskipun bisa menggunakan tangan besi dalam menerapkan kebijakannya.

Namun, ia tidak mau jika proses pemindahan seluruh pedagang dengan memaksa. Sehingga bukannya beres, malah justru menimbulkan gejolak baru.

“Bukan tipe saya untuk menjadi otoriter dalam memimpin. Saya harus mendengar apa yang menjadi keinginan pedagang dan menyinkronkan dengan konsep milik pemerintah, pasti ada titik temunya," katanya.

Afif menambahkan pasar merupakan persoalan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Dirinya lebih tidak tega saat melihat pedagang yang hampir setiap malam datang dan mengeluh saat menemuinya. Karena, belum setuju dan memahami sepenuhnya dengan pola yang ditawarkan.

"Mereka ini malam-malam datang mengadu sambil menangis. Saya tentu saja tidak tega untuk memutuskan dengan cara melakukan pemaksaan pada para pedagang," tandasnya.

Pihaknya juga meyakini proses penempatan pedagang yang dilakukan dengan tergesa-gesa, justru membawa dampak lain di kemudian hari. Pasalnya penyelesaian yang dilakukan tidak bisa sepotong -sepotong. Dikhawatirkan, dapat membuat masalah.

“Penyelesaian harus komprehensif saat ini. Ketika nanti ditempatkan tidak ada masalah lagi. Jangan malah menambah masalah lagi. Kami sedang susun formula yang terbaik," katanya.

Dengan proses yang sedang berjalan ini, masyarakat diharapkan menunggu terlebih dahulu.

Ia tengah mengusahakan jika dalam satu sampai dua minggu ini proses penempatan sudah bisa diselesaikan.

“Semua berlangsung dengan baik dan aman. Sehingga tidak ada waktu mundur dari jadwal," tandasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com