Dua Pabrikan Rokok Nyatakan Siap Serap Tembakau Temanggung

Dua Pabrikan Rokok Nyatakan Siap Serap Tembakau Temanggung

Ketua DPRD Temanggung Yunianto (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)-DPRD-Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Menjelang panen raya tembakau 2022, DPRD dan Pemerintah Kabupaten Temanggung melakukan kunjungan ke dua pabrikan rokok kretek yang biasa menyerap dan membeli tembakau.

Ketua DPRD Temanggung Yunianto mengatakan, sebagai lembaga DPRD pihaknya bersama anggota dan Pemkab Temanggung, telah melakukan kunjungan ke PT Djarum Kudus dan PT Gudang Garam Kediri beberapa waktu lalu.

Dari hasil kunjungan tersebut, kedua pabrikan rokok kretek tersebut siap melakukan penyerapan dan pembelian tembakau pada panen raya tahun ini.
"Informasi terakhir kami kemarin, bahwa pabrik akan bersiap menyerap seluruh hasil panen tembakau tahun 2022 ini," katanya, kemarin.
Oleh karena itu katanya, petani wajib mempertahankan dan semakin meningkatkan kualitas tembakau, petani mengolah tembakau dengan baik tanpa dicampur dengan tembakau dari daerah lain.

"Saudara-saudara petani ini tetap menjaga kualitas, kami yakin korelasi harga pun dari pihak pabrikan akan melihat dari sisi kualitas tembakau olahan dari petani," katanya.Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, Pemerintah Kabupaten Temanggung terus berupaya melakukan peningkatan kualitas tembakau Temanggung, sejumlah langkah telah dilakukan untuk menjaga kemurnian tembakau asli Temanggung.

Beberapa langkah yang telah ditempuh di antaranya, dengan melakukan pemurnian benih tembakau kemloko, di mana tembakau varietas ini merupakan varietas asli Temanggung yang memiliki kualitas terbaik dan sangat cocok ditanam di lahan pertanian Temanggung.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Temanggung bekerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balitas) Malang Jawa Timur untuk pengembangan benih tembakau varietas kemloko. Dari hasil kerja sama tersebut sudah dihasilkan beberapa varietas seperti kemloko 5 dan 6.

Benih tembakau varietas kemloko ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan varietas lainnya di antaranya yakni memiliki aroma yang lebih wangi, dan kandungan nikotin yang cukup tinggi.

Selain itu lanjut Bupati, pendampingan kepada petani terus dilakukan terutama saat musim tanam, hingga panen raya, selain itu bantuan berupa pupuk juga sudah diberikan kepada petani. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com