Kunjungi Gudang Tembakau, Bupati Temanggung Minta Pembelian Tembakau Sesuai Harapan Petani

 Kunjungi Gudang Tembakau, Bupati Temanggung Minta Pembelian Tembakau  Sesuai Harapan Petani

Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat mengunjungi gudang pembelian tembakau di sejumlah titik lokasi, Senin (19/9/2022).(Foto: rizal ifan chanaris.)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID– Sebagai bentuk penyampaian aspirasi dari kalangan para petani sekaligus memastikan masalah serapan tembakau di musim panen tahun ini agar berjalan dengan lancar dan berharga jual yang pantas sesuai dengan kualitasnya, Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengunjungi ke sejumlah gudang pembelian tembakau.

Lokasi yang disambangi antara lain perwakilan pabrik rokok Djarum di Pringsurat dan gudang pembelian tembakau perwakilan pabrik rokok Gudang Garam di Bulu Temanggung.

Menurut Khadziq, meskipun pada musim tahun ini beberapa kali terjadi hujan namun secara umum kualitas hasil tembakau sesungguhnya cukup baik. Sehingga harga jualnya pun seharusnya juga baik.

Menurutnya, harga jual saat ini masih belum memenuhi harapan petani, sehingga Bupati meminta kepada pihak industri untuk memperhatikan masalah harga agar sesuai harapan petani.

“Kami meminta agar pabrikan memperhatikan nasib petani dan memberikan harga tembakau sesuai dengan kualitas dan harapan petani,” harapnya.
Menanggapi hal tersebut, pihak perwakilan pabrikan menyatakan siap untuk membeli tembakau Temanggung sampai akhir musim nanti, sesuai dengan harapan semua pihak, agar semua tembakau di musim ini dibeli habis oleh pihak industri.

Dalam lawatan Bupati kali ini, mereka juga mengemukakan harapan agar cuaca panas terus sehingga kualitas tembakau akan semakin meningkat dan harga jualnya pun akan terangkat.

Bupati Temanggung beberapa hari lalu juga sudah mengunjungi petani-petani tembakau di Gunung Sumbing dan Sindoro. Kala itu para petani menyampaikan kepada Bupati agar industri tembakau Temanggung membeli dengan harga tinggi.

Rambat (60), salah petani tembakau Desa Glapansari, Kecamatan Parakan, mengatakan, meski hujan turun akhir-akhir ini namun ternyata tidak membuat kualitas tembakau ikut menurun.

“Buktinya kualitas tembakau tetap bagus, sehingga kami juga meminta agar harga jual tembakau tetap tinggi,” pungkasnya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com