Cegah Pergaulan Bebas, Inilah yang Dilakukan Duta Genre Kota Magelang

Cegah Pergaulan Bebas, Inilah yang Dilakukan Duta Genre Kota Magelang

SOSIALISASI. Duta Genre Kota Magelang melakukan sosialisasi pengaktifan PIK-R ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Magelang.(Foto: ist/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Duta Genre Kota Magelang gencar melakukan sosialisasi pengaktifan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) kepada seluruh SMA/SMK di Kota Magelang. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya preventif terhadap permasalahan remaja yang terjadi baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan sosial.

Duta Genre Kota Magelang tahun 2022, Dinda Amalia mengatakan bahwa giat pengaktifan PIK-R merupakan program dari Pemerintah Kota Magelang yang telah disiapkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang.

“Sebenarnya PIK-R ini sudah ada, tetapi karena pandemik Covid-19, sempat vacum beberapa tahun jadi pengurusnya sudah tamat dari sekolah,”terang Dinda.

Sehingga, DP4KB melalui Duta Genre Kota Magelang berencana untuk melakukan sosialisasi dan  reorganisasi kepengurusan PIK-R di sekolah dan universitas di Kota Magelang.

“PIK-R sendiri merupakan wadah dari program Genre, dari, untuk, dan oleh remaja. Nantinya, teman sebaya bisa menjadi konselor, pendidik, dan role model untuk teman-teman disekitarnya,” tambah Dinda.

Dinda turut menyebutkan, adanya PIK-R merupakan satu dari banyak strategi yang baik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada remaja agar terhindar dari pergaulan bebas, Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif (NAPZA), serta pernikahan dini.

“Kalau teman sebaya bercerita dengan orang tua atau guru Bimbingan Konseling (BK) kadang ada gap sehingga kami memilih konselor dari anak-anak sendiri agar mereka lebih leluasa dan flesikbel saat menyampaikan keluh kesahnya,” tutur Juara 1 Duta Genre Kota Magelang tahun 2022.

Ia menuturkan bahwa Duta Genre Kota Magelang telah melakukan roadshow kepada sepuluh sekolah yang memiliki siswa-siswi yang aktif dan peduli terkait permasalahan remaja. Sekolah-sekolah tersebut diantaranya adalah SMKN 2, MAN Kota Magelang, SMK Kesdam 4 Diponegoro, SMAN 1 Magelang, SMAN 4 Magelang, SMA dan SMK Muhammadiyah 1 Magelang, dan sekolah lainnya.

“Selain SMA/SMK, kami juga menginformasikan PIK-R ke universitas. Kemarin kami sosialisasi ke dua univeritas di Kota Magelang,”ujar Dinda.

Pemilihan siswa-siswi yang akan menjadi garda terdepan dalam membantu teman sebayanya, akan diserahkan kepada kewenangan masing-masing sekolah tanpa meninggalkan pertimbangan dari poin-poin penting kriteria yang cocok menjadi seorang konselor.

“Harapannya dengan pengaktifkan PIK-R kembali dapat membantu teman-teman menjadi generasi positif,  memiliki pendidikan yang terencana, berkarir sesuai profesinya, dan menikah sesuai kesiapan dengan siklus reproduksi,”pungkas Dinda.(mg4)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com