Fokus Wirausaha Mahasiswa, UNIMMA Gandeng Perguruan Tinggi Malaysia

Fokus Wirausaha Mahasiswa, UNIMMA Gandeng Perguruan Tinggi Malaysia

Peserta Pokja Wirausaha UNIMMA mengadakan sharing session dengan perguruan tinggi Malaysia, UTeM. -(foto : dokumen UNIMMA/magelang ekspres)-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) belum lama ini menggelar sharing session Kewirausahaan dengan tema "Mengelola Kewirausahaan Mahasiswa".

Tak tanggung-tanggung narasumber yang dihadirkan tidak hanya dalam negeri.

UNIMMA menghadirkan narasumber dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) yaitu Assoc Prof Dr Juhaini Binti Jabar dari Fakultas Teknologi Manajemen dan Technopreneurship UteM.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Puguh Widiyanto SKep MKep mengatakan bahwa UNIMMA telah membentuk tim komando wirausaha untuk mengembangkan jiwa wirausaha mahasiswa.

"Perguruan tinggi khususnya UNIMMA yang punya bidang studi entrepreneurship ekonomi belum menumbuhkan wirausaha dari mahasiswa. Untuk itu kita buat tim komando wirausaha agar berkesempatan mendampingi mahasiswa untuk mengembangkan jiwa wirausaha," kata Puguh Widiyanto.

BACA JUGA:Tim PPMT UNIMMA Bantu Peningkatan Tras Mart, Ini yang Dilakukan

BACA JUGA:Mahasiswi Unimma Bekali Ibu-ibu PKK dengan Literasi Keuangan dalam Rumah Tangga

Prof Juhaini mepaparkan materi tentang Shaping Future Entrepreneurs using the A-E-I-O-U Concept. Konsep ini cocok untuk mengembangkan kewirausahaan kepada seluruh mahasiswa.

"Bila seseorang memiliki jiwa kewirausahaan, dia punya ciri tersendiri. Sebagai dosen kita harus bisa menumbuhkan A yaitu awarness menjadi pengusaha adalah pilihan karir, kemudian E (encourage) dengan mahasiswa didorong untuk menjadi pencipta pekerjaan daripada pencari kerja setelah lulus,” ujarnya.

BACA JUGA:Tapak Suci UNIMMA Raih Prestasi di Ajang Pencak Silat Internasional

Lebih lanjut, Prof Juhaini menambahkan tiga konsep lainnya yaitu I (inculcate) menanamkan peluang untuk memulai bisnis mahasiswa melalui berbagai kegiatan yang diprogramkan oleh universitas.

Kemudian O (Open own bussiness) dengan memberikan akses yang mudah bagi mahasiswa untuk berkonsultasi, peluang kerjasama dengan industri maupun agensi. Lalu yang terakhir U (ultimate enterpreuner).

BACA JUGA:Urai Persoalan Sampah di Dusun Setan, Mahasiswa UNIMMA Budidaya Maggot dengan Memanfaatkan Limbah Organik

Sementara itu, Ketua Pokja Kewirausahaan UNIMMA, Agus Setiawan MEng memaparkan gambaran skema Kewirausahaan mahasiswa di UNIMMA. Selanjutnya, menjabarkan tetang metode wirausaha yang digunakan. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id