Warga Kota Magelang Ternyata Paling Suka Konsumsi Ikan Lele

Warga Kota Magelang Ternyata Paling Suka Konsumsi Ikan Lele

Budidaya ikan lele termasuk yang terbanyak di Kota Magelang.-FOTO : LARASATI PUTRI/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang menggandeng pemerintah daerah lain untuk memastikan stok ketersediaan ikan.

Sebab diketahui selama beberapa tahun terakhir, konsumsi ikan terutama ikan lele mengalami peningkatan cukup signifikan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Magelang, Chrisatrya Yonas Nusatrawan Bolla mengatakan bahwa daya konsumsi ikan lele di Kota Magelang terus meningkat setiap tahun.

“Banyak sekali, selain kebutuhan pribadi ada juga kebutuhan warung makan yang menjual olahan lele,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis, 27 April 2023.

BACA JUGA:Malaysia dan Taiwan Sudah Tarik Indomie Rasa Ayam, Disperindag Kota Magelang : Kami Masih Tunggu Instruksi

Dirinya mengatakan, salah satu pemicu tingginya konsumsi ikan lele ditengarai meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Terlebih lagi, ikan lele selain kaya kandungan omega tiga yang dapat meningkatkan kecerdasan pada anak, ikan jenis ini juga merupakan olahan makanan yang mudah ditemukan serta harganya relatif terjangkau.

“Sehingga kita berupaya untuk menjaga stabilitas stok ikan dengan kerja sama ke daerah lain untuk membantu ketersediaan ikan lele,” ujarnya.

BACA JUGA:Ini Penyebab Kasus Perceraian Tinggi di Kota Magelang

Tidak hanya itu, Yonas Nusantrawan Bolla juga mengaku bahwa Pemkot Magelang telah mengajurkan masyarakat untuk memulai pembibitan lele secara mandiri dengan bantuan program unggulan pemerintah Rodanya Mas Bagia.

“Kita juga arahkan masyarakat untuk membudidaya ikan lele secara pribadi lewat pengajuan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) di masing-masing RT. Utamanya, dalam rangka membantu mencukupi kebutuhan konsumsi ikan lele,” jabarnya.

Yonas juga mengaku bahwa pihaknya terus berupaya untuk mencukupi stok kebutuhan ikan lele sebagai strategi menjaga stabilitas pangan. Apalagi, sektor pangan menjadi salah satu penyokong terbesar roda perekomian daerah.

“Salah satu penggerak perekonomian di Kota Magelang adalah sektor kuliner. Jadi kami terus berupaya agar komoditas ikan lele tetap ada,” jelasnya. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres