Malaysia dan Taiwan Sudah Tarik Indomie Rasa Ayam, Disperindag Kota Magelang : Kami Masih Tunggu Instruksi

Malaysia dan Taiwan Sudah Tarik Indomie Rasa Ayam, Disperindag Kota Magelang : Kami Masih Tunggu Instruksi

Negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Taiwan sudah lebih dulu menarik produk Indomie Rasa Ayam Spesial karena diduga mengandung zat berbahaya.-FOTO : ISTIMEWA/TANGKAPAN LAYAR-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Magelang masih menunggu arahan Pemprov Jawa Tengah menyikapi dugaan temuan zat berbahaya pada produk Indomie Rasa Ayam Spesial.

Mi instan asal Indonesia yang sudah lama beredar itu dikabarkan mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Taiwan sudah resmi menarik produk Indomie Rasa Ayam Spesial karena mengandung etilen oksida yang dapat memicu penyakit kanker.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Magelang, Slamet Sutrisna Pilihanto menyatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebelum mengambil sikap perihal kabar tersebut.

BACA JUGA:Ini Penyebab Kasus Perceraian Tinggi di Kota Magelang

Sejauh ini, wacana penghentikan distribusi atau bahkan penarikan dari seluruh warung yang ada belum ada instruksi. Bahkan, Slamet Sutrisna menyebut jika kajian empiris mengenai kabar tersebut belum dia terima.

"Sejauh ini kami masih menunggu arahan dari Pemprov Jawa Tengah, karena memang kewenangannya berada di sana," kata Slamet Sutrisna, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis, 27 April 2023.

Ia menjelaskan bahwa terkait kabar adanya kandungan zat berbahaya pada produk Indomie Rasa Ayam Spesial, Dinas Kesehatan Kota Magelang tengah melakukan pengecekan.

BACA JUGA:150 Kantung Darah Terkumpul Saat Donor Darah Digelar di Gardena Magelang

Sedangkan kandungan dalam mi instan dan bumbu pelengkap produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, tersebut masih dianalisis dan pengawasan ketat BPOM RI.

“Sebetulnya kami juga masih menunggu konfirmasi, karena masih dicek apakah kandungan yang beredar di Indonesia dengan di luar negeri sama. Ini kan awalnya (kabar) produk Indomie yang diekspor ke Taiwan,” imbuh Slamet Sutrisna.

BACA JUGA:Yuk! Ikuti Lomba Mewarnai GRI Fun & Fest, Hadiahnya Jutaan Lho

Kendati demikian, dirinya sudah siap untuk melakukan imbauankepada seluruh toko modern hingga pemilik warung kelontong apabila di kemudian hari ada kebijakan Pemerintah Pusat untuk menarik produk tersebut.

Namun hingga kini, belum ada pihak satupun yang menyatakan bahwa ada kandungan zat pemicu kanker pada produk Indomie Rasa Ayam Spesial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres